9 November 2015

by Bambang Winarso

25% Situs di Jagat Maya Dimotori oleh WordPress

WordPress adalah blog engine hasil karya Matt Mullenweg yang dikenal fleksibel, mudah digunakan dan dimodifikasi

Sebuah situs yang baik memerlukan yang namanya mesin atau engine di mana ia akan berperan sebagai cms atau content management system. Memungkinkan pengelola situs untuk mengatur konten, gambar, tampilan dan tool-tool lainnya dalam satu tatap muka yang terintegrasi.

Dan bila ada engine yang mampu berperan dengan sangat baik, mudah, fleksibel serta murah, dia adalah WordPress.

Penilaian ini tak berlebihan, dalam sebuah laporan terbaru yang dirilis oleh W3Techs terungkap bahwa mesin blog WordPress telah memotori lebih dari 58,7% pangsa pasar situs dari total yang menggunakan CMS, atau 25% dari seluruh situs yang ada di dunia maya. Yang artinya, 1 dari 4 situs yang ada memilih WordPress sebagai mesin backend-nya.

W3Techs juga mengungkapkan pertumbuhan penggunaan WordPress selama enam tahun terakhir, dimulai dari tahun 2011 dengan persentasi hanya 13,1%, kemudian naik menjadi 15,8% setahun kemudian, 17,4% di 2013, 21% di tahun 2014, naik lagi menjadi 23,3% di 2015 dan per 1 November menjadi 25%.

CMS paling populer kedua setelah WordPress adalah Joomla, namun dengan persentase yang sangat jauh tertinggal, yakni hanya 2,8%.

Merespon laporan ini, pendiri Automattic Matt Mullenweg mengaku cukup antusias dan percaya diri bisa melangkahi angka itu di akhir tahun nanti. Menurutnya, peluang bagi WordPress untuk berkembang sangat terbuka lebar mengingat 57% situs di luar sana saat ini masih menggunakan CMS yang tak dikenali.

Salah satu batu sandungan yang berpotensi menghambat laju impresif WordPress adalah keamanan, di mana sejumlah pengguna beberapa kali dilaporkan menjumpai celah yang dianggap membuat WordPress rentan diretas.

Bagi sobat DS yang masih merasa asing dengan WordPress, bisa kok mempelajarinya lebih lanjut dengan membaca ulasan "Apa itu WordPress" yang dibahas minggu lalu. Cek di sini.

Sumber berita Venturebeat.