11 November 2015

by Bambang Winarso

Apa Itu Sing! Karaoke by Smule dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Sing! Karaoke by Smule menyajikan berbagai fitur karaoke dengan koleksi lagu lengkap dan fitur komunitas yang unik

Banyak orang menyukai musik, kendati cara menampakkannya berbeda-beda. Beberapa di antaranya menunjukkan kecintaan akan musik hanya dengan mendengarkannya baik melalui radio, televisi, MP3 player atau smartphone. Dan sebagian lainnya lebih ekspresif dengan menyanyikannya. Bahkan tak jarang sambil bergoyang.

Untuk tipe kedua, biasanya memilih tempat-tempat karaoke untuk menyalurkan hobinya itu. Atau bahkan tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perlengkapan elektronik pendukungnya.

Padahal sebenarnya cukup dengan smartphone sobat sudah bisa karaokean. Selain smartphone, sobat perlu memasang aplikasi bernama Sing! Karaoke by Smule.

Apa itu Sing! Karaoke by Smule, apa benar aplikasi ini bisa untuk karaokean?

Dipelajari dari lapak resminya di Google Play Store, Sing! Karaoke by Smule memang betul aplikasi yang menyuguhkan fitur-fitur bagi yang gemar karaokean. Bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur perekam suara, efek-efek audio, duet dengan artis idola Anda dan berbagi ke platform globalnya supaya orang lain bisa mendengarkan suara emas Anda.

Sing! Karaoke by Smule adalah aplikasi yang tak lain diciptakan oleh pengembang bernama Smule dan memulai debutnya pada 8 Agustus 2012 di App Store. Bagi Smule aplikasi ini merupakan proyek paling sukses yang menghantarkan Smule ke posisi yang sekarang. Walaupun jauh sebelum Sing! sudah ada beberapa aplikasi yang lahir lebih dulu. Seperti Sonic Boom yang diluncurkan di tahun 2008, kemudian Magic Fiddle di 2010, termasuk Glee Karaoke yang juga menggarap kategori yang sama.

Untuk platform Android sendiri Sing! Karaoke by Smule sudah mencatatkan angka unduhan sebanyak 50 juta. Beban file sebesar 41MB harus dibawa jika Anda berniat memasangnya di ponsel Android Anda. Minimal sistem operasi yang bisa menjalankannya adalah 4.0.3 atau yang lebih baru.

Di dalamnya terdapat berbagai kategori musik seperti pop, metal, rock, klasik dan lain-lain atau pilihan kategori berdasarkan artis dan negara. Sing! mempunyai sistem rekomendasi yang didasarkan pada preferensi masing-masing pengguna.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Sing! juga menawarkan platform unik di mana pengguna dapat terhubung ke jaringan komunitas Smule. Di sana pengguna dapat saling berinteraksi lewat suara dan menyanyikan lagu bersama anggota komunitas yang menyukai lagu tertentu.

Cara Menggunakan Sing! Karaoke by Smule

  • Pertama unduh dahulu aplikasinya dari Play Store.

  • Jika sudah, jalankan aplikasi. Anda akan melihat interface seperti ini saat pertama kali menjalankan Sing!. Pilih saja salah satu dari dua tombol yang ditawarkan, saran saya pilih Google agar lebih mudah.

  • Jika berhasil login, Anda akan dihantarkan ke halaman seperti ini. Buatlah nama pengguna untuk akun Anda, bebas asal sistem tidak menolaknya. Tambahkan juga foto profil jika dirasa perlu.

  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih genre atau kategori musik yang kemungkinan Anda kuasai. Jika sudah, tap menu NEXT.

  • Selanjutnya barulah Anda diminta untuk memilih satu buah lagu untuk dinyanyikan. Sampai di sini sebaiknya ambil headset dan sambungkan ke perangkat Anda.

  • Apabila headset sudah terpasang, layar akan menampilkan panel seperti gambar di bawah ini. Untuk melanjutkan, tap menu Next.

  • Barulah Anda diminta untuk menyanyi. Di layar akan ada lirik lengkap dengan tempo lagu aslinya. Jika belum siap, ada tombol pause yang bisa digunakan untuk menampilkan beberapa opsi lanjutan. Apakah ingin mengulang, mengganti lagu atau terus saja.

  • Di panel utamanya sendiri, Anda dapat menemukan berbagai menu, baik di bagian atas maupun di bagian bawah. Menu tab Recommended berisikan daftar lagu yang disesuaikan dengan preferensi Anda. Silahkan dipelajari, cukup kompleks tapi karena aplikasi berjalan dengan smooth, saya yakin sobat tidak akan menemukan banyak kendala.