2 November 2015

by Glenn Kaonang

Aplikasi Who's Down dari Google Bantu Anda Janjian Nongkrong dengan Cepat

Janjian nongkrong di satu tempat adalah kebiasaan umum yang dilakukan masyarakat Indonesia. Caranya pun bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah lewat sebuah grup di aplikasi instant messaging.

Kini proses membuat janji tersebut akan semakin dipermudah berkat kehadiran aplikasi anyar dari Google. Dinamai Who's Down, aplikasi ini sengaja dirancang untuk menggantikan peran grup WhatsApp atau aplikasi lainnya dalam kebiasaan membuat janji ketemuan.

Dalam laman depan aplikasi, Anda bisa mengaktifkan sebuah tuas yang akan menampilkan ke seluruh teman Anda yang juga menggunakan Who's Down bahwa Anda sedang lowong dan siap diajak nongkrong. 'Status' lowong ini akan bertahan selama 3 jam sebelum Anda harus mengaktifkannya kembali.

Info menarik: Microsoft Arrow Launcher untuk Android Akhirnya Dirilis di Google Play

Who's Down sendiri menawarkan berbagai preset kegiatan yang populer, akan tetapi saya kira sebagian besar tidak ada yang cocok dengan kebiasaan di tanah air. Terlepas dari itu, Anda juga bisa melihat daftar teman-teman Anda yang siap diajak beraktivitas bersama.

Selanjutnya, Who's Down juga menyediakan fitur chat dimana Anda dan rekan-rekan Anda bisa memastikan hendak bertemu di mana dan jam berapa. Secara keseluruhan, Who's Down bisa dibilang sebagai versi ringan dari aplikasi Swarm buatan Foursquare, tapi tanpa elemen kompetisi sama sekali.

Saat ini Who's Down sudah tersedia secara cuma-cuma di Google Play dan App Store. Sayangnya untuk bisa menggunakannya, Anda harus terlebih dulu mendapatkan undangan dari situs resminya. Lucunya, form pengajuannya akan meminta Anda untuk mencantumkan nama institusi pendidikan, mengindikasikan bahwa ia secara spesifik ditujukan buat generasi media sosial.

Sumber: 9to5Google.