1. Startup

Baidu Indonesia Jalin Kemitraan Strategis dengan Convergence Ventures

Bagian program "Grow Local Go Global", tidak menutupi kemungkinan pendirian co-working space bersama

Baidu Indonesia dan Convergence Ventures mengumumkan kemitraan strategis keduanya sebagai bagian program "Grow Local Go Global" yang dicanangkan Baidu. Dengan kerja sama ini, mereka akan saling berbagi insight, berbagi informasi market research, dukungan technology expertise, potensi investasi langsung, dan pertimbangan pendirian co-working space untuk startup.

Seperti diumumkan dalam rilisnya, Convergence Ventures dalam kemitraan ini akan menyediakan insight soal industri teknologi di Indonesia dan membagikan informasi riset pasar untuk membangun ekosistem digital di Indonesia yang lebih baik. Di sisi lain, Baidu akan menyediakan informasi riset pasar, keahlian teknologi (dalam bentuk mentoring dan dukungan teknis, dan potensi Baidu untuk berinvestasi langsung ke startup.

Keduanya juga menjajaki kemungkinan pendirian co-working space untuk mendukung startup di tahap awal.

Direktur Baidu Indonesia Bao Jianlei dalam pernyataannya mengatakan, "Convergence Ventures memiliki pengalaman yang bagus dan insight yang dalam tentang ekosistem startup di Indonesia. Mereka memiliki fokus yang sama dengan Baidu di area bisnis O2O dan telah cukup sukses mendanai sejumlah startup lokal. Kami yakin bahwa dengan bekerja sama dengan Convergence Ventures, Baidu Indonesia dapat merealisasikan target untuk menumbuhkan ekosistem digital di Indonesia, khususnya menemukan startup lokal terbaik."

Pendiri dan Managing Partner Convergence Ventures Adrian Li menambahkan, "Kami bangga menyambut Baidu Indonesia sebagai partner strategis dan investor. Sebagai perusahaan teknologi global, Baidu dikenal dengan pengalaman dan keahliannya di pengembangan teknologi dan distribusi pemasaran. Dukungan kuat dari Baidu Indonesia bakal sangat bermanfaat bagi perkembangan ekosistem digital Indonesia, khususnya untuk startup dan pengembang aplikasi lokal yang membutuhkan keunggulan dalam mengembangkan bisnis di dalam dan di luar Indonesia."

Termasuk dalam portofolio startup yang didanai Convergence Ventures adalah Qraved, Female Daily, YesBoss, Indotrading, dan Adskom.

Grow Local, Go Global

Program "Grow Local, Go Global" yang dicanangkan Baidu Indonesia memiliki pengembangan dua arah, ke dalam negeri dan luar negeri. Untuk luar negeri, khususnya mereka berharap bisa membawa aplikasi-aplikasi unggulan untuk memasuki pasar Tiongkok yang kompetitif.

Di artikel sebelumnya, Bob, panggilan akrab Bao Jianlei, menyebutkan, “Sebagai pemain asing yang datang ke Indonesia, memperluas pasar bukan satu-satunya tujuan Baidu. Kami juga ingin membuka pasar bagi para pemain lokal untuk menembus pasar Tiongkok, negeri asal Baidu. Ini adalah agenda yang penting. PT Baidu Digital Indonesia ingin memberikan preseden yang baik dengan tidak hanya menjadikan indonesia sebagai marketplace, tetapi juga sebaliknya, ikut membuka akses pasar dari Indonesia ke Tiongkok."

“Pada tahun pertama pelaksanaan program ini, kami berharap bisa menyaring sedikitnya 15 startup lokal untuk mendapatkan dukungan dari Baidu Indonesia. Baidu juga menargetkan bisa membuka akses bagi 75 aplikasi lokal menuju pasar Tiongkok," lanjutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again