26 November 2015

by Bambang Winarso

[Ask the Expert] Mengapa BBM Tidak Bisa Digunakan Padahal Pakai WiFi?

Minggu ini redaksi mengangkat tiga buah pertanyaan dari pembaca setia Dailysocial, ketiganya bermasalah dengan aplikasi BBM

Ask the Expert minggu ini mengangkat tiga pertanyaan yang masuk ke meja redaksi. Ketiga penanya sama-sama mengalami masalah pada aplikasi BBM-nya.

Pertanyaan Pertama

Kenapa BBM saya tidak bisa dijalankan katika menggunakan Wi-Fi

Hamzan

Jawaban

Hamzan, sayangnya Anda tidak menjelaskan apakah ketika terhubung ke WiFi Anda tetap bisa browsing dan menjalankan aplikasi media sosial lainnya. Jika bisa berarti masalah bukan pada jaringan. Tetapi jika tidak bisa semua, maka jaringan WiFi yang Anda gunakan mungkin tidak dalam kondisi terhubung ke internet.

Saya asumsikan jaringan WiFi-nya yang bermasalah, di beberapa kasus hal semacam ini normal terjadi. Anda bisa mencoba mengatur alamat IP sendiri, baca di artikel ini bagaimana cara melakukannya.

Pertanyaan Kedua

Kenapa yah paket kuotanya masih banyak namun bbm ga bisa digunakan, sering menyambungkan terus status koneksinya, sekalinya terhubung pun tetap ga bisa berjalan aplikasinya, harus pakai WiFi dulu baru bisa masuk notifikasi baru sama chat-nya, padahal aplikasi yg lain seperti LINE, WhatsApp bisa berjalan, makasih sebelumnya.

Reza

Jawaban

Halo Reza, untuk mentasai permasalah Anda, coba lakukan langkah-langkah ini:

  • Bersihkan cache di BBM Reza, caranya silahkan baca di sini.
  • Setelah dibersihkan, sekarang update BBM ke versi terbaru.
  • Kemudian masuk ke Setting - Data Usage - pilih kartu SIM untuk internet dan hilangkan centang Set mobile data limit jika saat Anda masuk opsi tersebut tercentang. Jika tidak, biarkan saja. Kemudian tap tombol menu (tombol paling kiri) dan perhatikan apakah opsi Restrict background data dalam kondisi tercentang. Jika iya, hilangkan.
  • Jika setingan di atas sudah sesuai, sekarang masuk ke Settings - Wireless & Network - More - Mobile Networks. Kemudian pastikan 3G Services aktif dan merujuk ke kartu SIM internet yang Anda gunakan.
  • Di panel yang sama pastikan APN sudah benar dan proxy dalam kondisi tidak aktif.
  • Jika setelah melakukan semua langkah di atas masih bermasalah, coba gunakan kartu SIM dari operator lain.

Pertanyaan Ketiga

Mau tanya, kenapa akun BBM saya tidak bisa terpakai. Padahal ID dan Pass benar, ketika log in. Selalu terjadi kesalahan jaringan terus. Aplikasi bbm udah di-uninstal 7x tetep gak bisa, akun diganti 2 kali tetep gak bisa. Hasilnya selalu koneksi jaringan sibuk. Padahal telah pake wifi dan kartu GSM sekalipun tetep saja koneksi bermasalah. Mohon bantuannya Mas, terima kasih.

Bella

Jawaban

Bella, permasalahan Anda sepertinya sangat pelik. Maaf baru bisa kasih respon, sebab saat ini ada banyak pertanyaan yang juga menunggu jawaban redaksi. Terima kasih atas kesabarannya menunggu.

Apabila ponsel bisa digunakan untuk browsing dan mengakses aplikasi lainnya, berarti permasalahan bukan di koneksi, Bella. Sudah coba reset ulang sebelumnya? Kalau belum, solusi ini layak dicoba. Tutorialnya bisa dibaca di sini.

Tapi jika ternyata tidak membantu, coba terapkan langkah-langkah yang saya rekomendasikan kepada Reza di atas. Yang paling perlu dilakukan, kosongkan pengaturan APN di smartphone kemudian restart dan lihat hasilnya. Semoga membantu ya.