Branto Orb, Kamera Keamanan 360 Derajat Sekaligus Pusat Kontrol Perangkat Smart Home

Saat ini sudah ada cukup banyak perangkat smart home yang dipasarkan, tetapi jarang ada yang menawarkan fungsionalitas lengkap dalam satu perangkat saja. Mayoritas menghadirkannya dalam suatu paket yang terdiri dari beberapa perangkat sekaligus.

Tidak demikian buat Branto Orb, sebuah perangkat smart home yang sedang menjalani kampanye penggalangan dana di Indiegogo. Branto dirancang untuk menghadirkan bermacam fungsi lewat satu perangkat berwujud membulat saja.

Sesuai namanya, Branto Orb mempunyai wujud seperti bola, dengan bagian dasar yang datar sehingga ia bisa ditempatkan di berbagai permukaan, baik di atas meja maupun di rak buku sekalipun. Di dalamnya tersimpan sebuah kamera full-HD yang bisa berputar 360 derajat, menjangkau segala sudut di dalam ruangan tempatnya berdiam.

Info menarik: Ily Adalah Perangkat Komunikasi Modern Tanpa Elemen Pengalih Perhatian

Berkat kemampuannya untuk digerakkan menggunakan smartphone atau tablet, kamera milik Branto ini sangat ideal dijadikan sebagai kamera CCTV. Tidak cuma itu, ia juga sangat efektif dipakai dalam video conference, dimana masing-masing peserta bisa mendapatkan 'porsi' bicaranya masing-masing di depan kamera.

Masih seputar keamanan, Branto dilengkapi dengan fitur night vision untuk melihat di dalam kegelapan. Ia pun bisa mendeteksi adanya gerakan-gerakan mendadak maupun suara kaca jendela yang terpecahkan. Saat dipakai sebagai kamera keamanan seperti ini, Anda hanya perlu mengaktifkan mode 'patroli'-nya, dimana ia akan berputar 360 derajat secara otomatis.

Lebih lanjut, Branto juga ditemani oleh sensor unik bernama Branto Bit. Bit berguna untuk mengingatkan Anda akan adanya pintu atau jendela yang lupa ditutup. Anda juga bisa menambatkannya di laci rahasia di meja kerja Anda, sehingga Anda bisa segera tahu ketika ada yang berusaha membukanya tanpa seizin Anda.

Info menarik: Tak Cuma Perangkat Smart Home, Nuimo Juga Bisa Mengontrol Aplikasi Smartphone

Selain sebagai kamera keamanan dan video conferencing, Branto juga bisa difungsikan sebagai pusat kontrol dari berbagai perangkat elektronik di dalam rumah yang disertai remote, seperti TV atau AC misalnya. Memanfaatkan inframerah, Branto bisa menyala-matikan TV maupun AC tersebut. Ia hanya memerlukan instruksi dari Anda melalui aplikasi smartphone. Atau ia juga bisa melakukannya secara otomatis ketika Anda pergi meninggalkan rumah.

Berkat konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth, Branto Orb kompatibel dengan berbagai perangkat smart home lain yang sudah terlebih dulu dipasang di rumah Anda, seperti bohlam Philips Hue misalnya. Sebagai bonus, ia pun juga bisa difungsikan sebagai speaker nirkabel buat smartphone atau tablet Anda, dan lampu LED warna-warni yang mengitari tubuhnya bisa berpenjar mengikuti irama musik yang tengah diputar.

Branto Orb saat ini sudah bisa dipesan melalui laman Indiegogo-nya. Satu unitnya ditawarkan seharga $279 pada masa kampanye ini. Tersedia pula penawaran opsional untuk menambahkan kapasitas penyimpanan internalnya serta sepasang sensor Branto Bit.