29 October 2015

by Yoga Wisesa

Bulan Depan, Update New Xbox One Experience Bawa Fitur Backward Compatibility

Di kancah persaingan console, Microsoft akhirnya berhasil menyalip Sony dengan fitur backward compatibility Xbox One yang diungkap di E3 2015. Fungsinya sederhana, memungkinkan gamer menikmati permainan Xbox 360 di platform anyar, berpotensi merevolusi ekosistem gaming di Xbox. Tak lama setelah diumumkan, peserta program Xbox Preview dapat menjajalnya.

Tapi kapan ia tersedia untuk pemilik Xbox One secara umum? Jawaban Microsoft adalah pemberitahuan waktu perilisan New Xbox One Experience, sebuah update yang ditujukan buat mendongkrak pengalaman bermain Xbox One, menyuguhkan performa lebih cepat ditambah fleksibilitas Windows 10. Pembaruan juga diarahkan pada konten sosial semisal sharing achievement serta video. Dan bersamanya, diusung pula kapabilitas backward compatibility.

Jika Anda belum familier atau lupa, saya akan menjelaskan kembali bagaimana backward compatibility disajikan. Update ini gratis buat para gamer Xbox One, sehingga Anda tidak harus membeli lagi game yang sudah dimiliki. Kemampuan tersebut memungkinkan kita menyimpan file save, add-on, achievement serta Gamerscore. Anda bahkan bisa bermain di mode multiplayer bersama teman apapun console mereka - One atau 360.

Backward compatibility bekerja baik untuk permainan versi digital maupun fisik. Jika game Anda masuk dalam daftar, tulisan 'Ready to Install' tertera di sana. Lalu buat koleksi game versi disc, cukup kita masukan kepingan tersebut ke Xbox One, dan console segera memulai proses pengunduhan ke hard drive. Meskipun download selesai, Anda tetap harus memasukan disc ke optical drive agar bisa bermain.

Info menarik:Fitur Button Remapping Akan Tersedia di Semua Controller Xbox One

Tentu saja meskipun Anda dihidangkan judul lawas, permainan tetap ditopang fitur terkini semisal Game DVR, Screenshot dan streaming 'in-home' ke device Windows 10. Microsoft berencana untuk menghadirkan lebih dari 100 game Xbox 360 di Musim Gugur, dan menjanjikan ratusan judul lagi di bulan-bulan berikutnya. "Xbox One Anda sekarang ialah medium bermain game Xbox 360 terbaik," tutur Microsoft.

Selain itu, program New Xbox One Experience memberikan update pada notifikasi (termasuk daftar teman dan pengiriman pesan). Via Game Hubs, Anda dipersilakan mengumpulkan informasi terkait permainan favorit. Microsoft turut meng-upgrade OneGuide, kemudian akses ke komunitas juga jadi lebih simpel. Daftar lengkap game yang didukung backward compatibility dapat Anda lihat di sini.

New Xbox One Experience akan tiba pada tanggal 12 November 2015.

Sumber: Xbox.com.