24 November 2015

by Glenn Kaonang

Casing Smartphone Ini Diciptakan Khusus untuk Pasien Diabetes

Bisa membaca kadar gula darah secara akurat

Sudah bukan rahasia apabila diabetes memakan banyak korban. Tapi yang justru perlu kita kagumi adalah usaha keras yang dijalani oleh para pasien diabetes, dimana mereka harus rutin mengecek kadar gula darahnya menggunakan alat uji yang tersedia – kalau kita ke mana-mana membawa power bank, mereka ke mana-mana membawa sederet peralatan ini.

Menurut sebuah startup bernama AkibaH, seharusnya pasien diabetes tidak perlu serepot itu. Mereka punya solusi bernama GluCase, sebuah casingsmartphone yang juga berfungsi sebagai glucometer, alias alat uji kadar gula darah.

Semua alat yang dibutuhkan ada di sini, mulai dari lanset (jarum penusuk) sampai test strip untuk membaca kadar gula dari satu tetes darah di atasnya. Semua komponen tersebut tersembunyi dengan baik di bagian belakang casing, siap digunakan kapan saja pengguna membutuhkan.

Cara kerjanya seperti ini: letakkan jari Anda di bagian bawah casing, lalu geser kenop untuk memunculkan jarum. Selanjutnya, Anda tinggal meneteskan darah di atas test strip di sisi tengah casing, dan data akan langsung terpampang di layar smartphone.

Menariknya, data-data ini bisa dikaitkan dengan konteks seperti aktivitas maupun pola makan. Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui apa penyebab naiknya kadar gula darah, atau sebaliknya, bagaimana pengaruh tingginya gula darah pada kesehatan dan aktivitas mereka.

Tapi yang lebih menarik lagi, semua data ini akan diunggah ke cloud. Keuntungannya adalah, dokter yang bertanggung jawab atas seorang pasien bisa langsung menganalisa datanya melalui web. Cara ini jelas mempermudah komunikasi antara dokter dan pasien, terutama ketika ada yang salah pada hasil analisa kadar gula darah pasien.

Soal kompatibilitas, GluCase rencananya akan ditawarkan untuk perangkat-perangkat berikut ini: iPhone 5, 5S, 6, 6 Plus, Samsung Galaxy S5, S6, S6 Edge dan Galaxy Note. AkibaH juga telah berencana untuk merilis aplikasi smartwatch sebagai pelengkap.

Saat ini GluCase ditawarkan seharga $29 di Indiegogo, plus $25 untuk biaya pengiriman internasional. Harga tersebut sudah mencakup 50 test strip dan 20 lanset – kalau habis, pengguna bisa membelinya secara terpisah.