1. Lifestyle

Corel Painter 2016 Hadirkan Fitur 'Melukis dengan Suara'

Di kalangan umum, nama Corel mungkin tidak setenar Adobe. Tapi pada kenyataannya, cukup banyak seniman digital yang mengandalkan software besutan Corel dalam berkarya. Dan mereka akan lebih gembira lagi mengetahui bahwa Corel baru saja merilis versi terbaru software menggambarnya, Painter 2016.

Corel Painter 2016 membawa sejumlah fitur baru yang cukup unik. Yang paling utama adalah 131 jenis brush baru yang didampingi oleh sejumlah teknologi canggih. Salah satunya adalah Dynamic Speckles, dimana fitur ini menggabungkan kontrol ketebalan brush dengan hukum fisika partikel, sehingga goresan brush Anda bisa lebih lembut sekaligus dinamis.

Masih seputar brush, Painter 2016 juga menghadirkan fitur Audio Expressions. Sederhananya, fitur ini memungkinkan goresan-goresan brush untuk bereaksi terhadap suara, baik yang ditangkap oleh mikrofon maupun dari lagu yang diputar di komputer.

Dengan kata lain, ukuran, sudut maupun variasi warna brush bisa berubah-ubah mengikuti jalannya musik maupun suara Anda sendiri. Kalau ada lagu yang berjalan, goresan brush Anda bisa tampak menyerupai gelombang frekuensi dari lagu tersebut. Saya melihat fitur ini sangat ideal bagi mereka yang gemar membuat seni abstrak.

Info menarik: Pensiunkan Photoshop Touch, Adobe Tengah Siapkan Penggantinya

Dari sisi tampilan, Painter 2016 juga menyediakan Presentation Mode. Mode ini sejatinya akan menghilangkan semua toolbar yang ada sehingga Anda bisa berkonsentrasi penuh pada garapan Anda saja. Mode ini jelas ditujukan buat pengguna yang sudah mahir dengan rentetan keyboard shortcut milik Corel Painter.

Di saat yang sama, Painter 2016 juga menyediakan mode pembelajaran bagi pengguna baru. Pengguna bisa berlatih dengan bermacam konten khusus yang akan di-update secara otomatis seiring progress-nya berkembang. Saat menggunakan brush, berbagai tips akan ditampilkan sehingga pengguna bisa memahami brush apa yang cocok untuk karya-karya tertentu.

Info menarik: Aplikasi Inklet Dapat Mengubah Trackpad MacBook Menjadi Papan Gambar Digital

Terakhir dan yang tak kalah penting, Corel telah menyempurnakan performa Painter 2016, khususnya pada bagian brush, yang diklaim tiga kali lebih cepat daripada sebelumnya.

Corel Painter 2016 saat ini sudah bisa dibeli seharga $429, atau $229 kalau Anda meng-upgrade dari versi sebelumnya. Terdengar mahal? Well, Corel juga menawarkan opsi trial gratis selama 30 hari.

Sumber: Corel Painter dan TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again