25 November 2015

by Glenn Kaonang

Cyclops Gear CGX2 Coba Saingi GoPro dengan Harga Terjangkau dan Aksesori Melimpah

Dibanderol $300, paket penjualannya mencakup 9 jenis mount dan case anti-air

Kalau kita melihat action camera yang dijual di pasaran saat ini, tidak jarang yang menjadikan GoPro sebagai acuan spesifikasi. Bahkan beberapa di antaranya malah menjadikan GoPro sebagai rujukan langsung dalam hal desain, seperti yang dilakukan oleh pbarikan bernama Cyclops Gear ini.

Cyclops Gear sendiri selama ini cukup dikenal akan produk kacamata hitam dan goggle yang dilengkapi kamera. Tapi melihat pesatnya perkembangan pasar action cam, perusahaan yang bermarkas di kota Denver, AS tersebut ternyata juga ingin mencoba peruntungan. Alhasil, lahirlah Cyclops Gear CGX2.

Melihat namanya, kita sudah tahu bahwa ini bukan pertama kalinya Cyclops Gear merancang action cam. Maka dari itu, sudah seharusnya sang kamera penerus jauh lebih mumpuni daripada pendahulunya.

Dilihat dari sisi manapun, CGX2 tampak begitu mirip dengan GoPro Hero4 Silver. Yang berubah hanyalah posisi tombol, warna bodi, dan tentu saja logo Cyclops Gear itu sendiri. Tapi bagaimanapun juga, saya yakin semua orang bakal berpendapat bahwa Cyclops Gear benar-benar menjiplak GoPro kali ini.

Tidak apa-apa, yang penting spesifikasinya cukup mumpuni untuk digunakan merekam aksi-aksi ekstrem. Untuk itu, Cyclops Gear telah membekali CGX2 dengan sensor 12 megapixel yang sanggup merekam video dengan resolusi 1080p. Terdapat opsi perekaman 4K, tapi sayang hanya terbatas di angka 15 fps saja.

Dibandingkan GoPro Hero4 Silver, fitur perekaman CGX2 masih kalah lengkap. Pun begitu, pengguna masih bisa mengaktifkan bermacam mode, mulai dari burst shot hingga slow motion dalam kecepatan tinggi. Tidak seperti GoPro Hero4 Silver, LCD 2 inci milik CGX2 rupanya tidak dilengkapi panel sentuh. Jadi fungsinya cuma sebagai viewfinder saja.

Untungnya, Cyclops Gear bisa menutupi sejumlah kekurangannya dengan pilihan aksesori yang melimpah. Salah satunya adalah remote anti-air yang sangat bermanfaat ketika kamera dipakai menemani surfing atau kegiatan lain yang melibatkan air. Tentu saja ada sejumlah mount untuk berbagai keperluan – 9 jenis lebih tepatnya – plus sebuah case anti-air dengan ketahanan hingga 50 meter.

Semua ini ditawarkan hanya seharga $300 saja, membuat Cyclops Gear CGX2 makin menarik buat yang mencari alternatif lebih murah dari GoPro.

Sumber: Digital Trends.