25 November 2015

by Bambang Winarso

Fitur Edit Dokumen PDF di Dropbox Kini Hadir untuk Perangkat iOS

Berkat kerjasamanya dengan Adobe, kini pengguna iOS dapat meng-edit dokumen PDF yang tersimpan di Dropbox

Dropbox tampaknya tak ingin hanya menjadi tempat terdamparnya berbagai berkas. Perlahan namun pasti mereka mulai menjelma menjadi aplikasi kolaborasi yang menyuguhkan kemampuan tambahan. Diawali dengan kerjasamanya dengan Microsoft, kemudian peluncuran Paper dan kerjasama baru dengan Adobe bulan lalu.

Berkat kerjasamanya dengan Adobe itu, pengguna Dropbox desktop dapat meng-edit dokumen PDF yang tersimpan di layanan cloud. Dan sekarang kemampuan yang sama pun dihadirkan oleh Dropbox untuk pengguna mobile, khususnya iOS.

Integrasi baru ini memungkinkan pengguna perangkat iOS untuk menambahkan anotasi atau komentar pada dokumen PDF yang tersimpan di Dropbox. Atau memberikan tanda tangan digital menggunakan aplikasi Acrobat Reader lalu perubahannya akan disimpan kembali ke layanan cloud.

Dan apabila dokumen tersebut ternyata merupakan dokumen yang dikerjakan bersama dalam sebuah tim. Maka, perubahan juga akan langsung diterapkan, sehingga anggota tim lainnya dapat melihat perubahan yang sudah dibuat.

Penggunaannya pun sangat mudah, pemilik perangkat iOS cukup membuka dokumen PDF mereka melalui Dropbox kemudian memilih menu Edit. Dari sana aplikasi akan menjalankan Adobe Acrobat Reader di mana pengguna dapat mulai bekerja menambahkan tanda tangan, anotasi atau komentar. Sayangnya bagi pengguna Android fitur ini baru akan dijumpai paling cepat tahun depan.

Dengan hadirnya fitur editing baru ini, maka kini Dropbox mempunyai kemampuan yang hampir komplet untuk bersaing dengan aplikasi office serupa lainnya. Sebagaimana diketahui, sebelum fitur editing PDF ini diluncurkan, Dropbox sudah lebih dahulu menyajikan fitur edit untuk dokumen word dan spreadsheet (excel).

Sumber berita Dropbox.