25 November 2015

by Glenn Kaonang

Everalbum Satukan Semua Foto dari Berbagai Cloud Storage dan Media Sosial

Dapat menarik secara otomatis foto-foto dari Facebook, Instagram, Dropbox dan Google Photos

Tanpa kita sadari, foto-foto kita tersebar di berbagai tempat, di Facebook, Instagram, Dropbox, Google Photos, dan masih banyak lagi. Ini memang merupakan salah satu cara supaya kita tidak pernah kehilangan foto-foto kita, tapi terkadang kita malah lupa akan berbagai kenangan manis yang tersimpan di tempat yang berbeda-beda tersebut.

Namun sekarang ada sebuah aplikasi iOS yang ingin menjadi jawaban atas masalah ini. Bernama Everalbum, tugasnya adalah mengumpulkan semua foto yang tersebar di Facebook, Instagram, Dropbox dan Google Photos di satu tempat yang mudah diakses kapan saja Anda mau.

Prosesnya tentu saja akan berjalan secara otomatis. Anda hanya perlu menyambungkan akun masing-masing layanan, maka Everalbum akan menarik semua foto yang terdapat di dalamnya – plus foto-foto yang tersimpan di Camera Roll.

Selesai mengumpulkan, tugas Everalbum rupanya masih belum selesai. Ia juga bakal berperan sebagai kurator dari foto-foto Anda yang tersebar di berbagai layanan tersebut. Salah satu contohnya, Everalbum bisa menampilkan sebuah album throwback yang berisikan semua foto dari 2 tahun yang lalu, disortir berdasarkan tanggal pengambilan.

Fitur ekstra ini sifatnya opsional. Kalau misalnya pengguna merasa terusik dengan email harian dari Everalbum yang berisikan album throwback tersebut, matikan saja. Ini hanyalah salah satu cara Everalbum dalam 'menghidupkan' kembali kenangan-kenangan manis yang tersimpan.

Lebih menarik lagi, Everalbum bisa digunakan secara cuma-cuma. Tidak ada batasan foto yang bisa disimpan. Hanya saja, Everalbum akan menyimpannya bukan dalam resolusi asli – meski resolusinya masih cukup tinggi jika dilihat dari layar laptop atau malah smartphone.

Kalau Anda ingin semuanya disimpan dalam resolusi asli, maka Anda perlu berlangganan Everalbum Plus seharga $10 per bulan. Selain foto, video pun juga akan di-backup, bahkan yang beresolusi 4K sekalipun.

Sumber: TheNextWeb.