26 November 2015

by Glenn Kaonang

Extension Ini Bantu Anda Hindari Spoiler Star Wars yang Tersebar di Internet

Tampilkan laman peringatan saat situs berpotensi mengandung spoiler

Sebagai seorang fans berat Star Wars, saya yakin Anda pasti marah besar ketika ada seseorang yang iseng memberikan spoiler cerita dari The Force Awakens yang siap tayang tidak lama lagi. Pada kenyataannya, spoiler tersebar luas di internet, baik dalam wujud artikel atau celotehan teman di jejaring sosial.

Untuk itu, kita perlu berhati-hati kalau memang tidak mau terekspos bocoran cerita dari film yang sudah kita nantikan tersebut. Beruntung kebanyakan situs selalu memberikan peringatan di awal paragraf semisal artikel yang akan Anda baca mengandung spoiler. Tapi tentu saja tetap ada yang kelupaan, atau malah sengaja mencari perkara dengan membuat status Facebook berisi spoiler.

Sebagai proteksi tambahan, kita bisa menjajal sebuah extension untuk browser Chrome bernama Star Wars Spoiler Blocker ini. Cara kerjanya sangat sederhana: ketika Anda membuka situs yang berpotensi mengandung spoiler, maka akan muncul laman peringatan sehingga Anda bisa segera menutupnya dan move on.

Sayang pada prakteknya, extension ini kurang begitu efektif. Pasalnya, ia tak cuma memblokir spoiler, tetapi situs apapun yang mencantumkan kata-kata "Star Wars" di dalamnya. Dan lagi, laman peringatannya juga tidak langsung muncul setelah beberapa detik.

Salah satu contoh yang sudah saya coba adalah artikel tentang gameStar Wars: Battlefront, yang sejatinya sama sekali tak ada sangkut-pautnya dengan film The Force Awakens. Pun begitu, extension tetap menganggapnya mengandung spoiler dan menampilkan laman peringatan.

Terlepas dari itu, saya melihat extension ini mungkin masih bisa memikat mereka yang benar-benar parno dan ogah 'diserang' spoiler. Tapi sebagai gantinya, mungkin mayoritas situs yang dibuka bakal dianggap mengandung spoiler, padahal aslinya cuma menampilkan deretan aktor dan aktris pemeran The Force Awakens, misalnya.

Sumber: UberGizmo.