17 November 2015

by Bambang Winarso

Facebook Instant Articles Tersedia untuk Pengguna Android di India

Di India, Facebook Instant Article gandeng media besar seperti Indian Express, India Today, Hindustan Times, Aaj Tak dan The Quint

Tak butuh waktu lama bagi Facebook untuk menghadirkan fitur barunya, Instant Articles ke platform Android setelah bulan lalu lebih dulu menyapa pengguna iPhone di Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa. Dalam ekspansi ini, India menjadi yang beruntung mendapatkan jatah pertama sebelum dilanjutkan ke negara-negara berkembang lainnya.

Seperti yang barangkali sudah sobat DS ketahui, Facebook Instant Articles adalah fitur baru yang memungkinkan artikel-artikel dari penerbit pilihan tampil lebih cepat di newsfeed Facebook. Menampilkan berita-berita terbaru dengan format yang lebih enak dipandang, loading yang cepat dan fitur yang makin kaya.

Kini pengguna Android di India sudah dapat menikmati fasilitas itu, juga tentu dengan tampilan foto dengan resolusi tinggi yang bisa diperbesar dan juga interface interakfi meliputi video, peta dan audiocaptions.

Untuk kiprah perdananya di India, Facebook menggandeng sejumlah media ternama di sana, seperti The Indian Express, India Today, Hindustan Times, Aaj Tak dan The Quint. Daftar ini dipastikan semakin panjang oleh sejumlah nama-nama lain yang juga akan bergabung.

Dipilihnya India bukanlah tanpa alasan. Di sana sedikitnya ada 130 juta pengguna Facebook yang sebagian besar mengakses dari perangkat Android murah. Populasi India yang begitu besar menyimpan potensi yang juga sangat besar. Facebook bukanlah yang pertama menjatuhkan pilihan ke India, sejumlah vendor perangkat Android pun kerap menjadikan India sebagai target market pertama. Terutama bila berkaitan dengan perangkat murah.

Sedikit mengingat kembali, kiprah Facebook Instant Articles dimulai di Amerika Serikat dengan 9 penerbit dan angka ini terus bertambah hingga mencapai 20 media berita yang datang dari berbagai latar belakang.

Sumber berita Thenextweb.