12 November 2015

by Bambang Winarso

Facebook Luncurkan Notify, Aplikasi Notifikasi Berita Terkini

Notify adalah aplikasi notifikasi berita baru dari berbagai media-media populer untuk smartphone dan tablet.

Sejak awal bulan lalu beredar kabar yang mengatakan bahwa Facebook bakal merilis aplikasi berita baru yang dinamai Notify. Dan kemarin teka-teki itu terjawab sudah, dalam rilis tertulisnya jejaring sosial raksasa itu resmi meluncurkan aplikasi dengan nama yang persis seperti yang diberitakan.

Notify, dijelaskan oleh Facebook adalah aplikasi yang akan menghantarkan notifikasi berupa berita baru yang bersumber dari berbagai media-media populer ke smartphone dan tablet.

Bukan notifikasi biasa, di toko aplikasi App Store Notify dilabeli sebagai aplikasi notifikasi penting. Menghadirkan pilihan berita terkait topik tertentu yang ingin dibaca oleh pengguna. Facebook mengatakan bahwa setiap orang punya kegemaran yang berbeda, mulai dari olahraga, selebritis, berita, film, musik dan belanja. Notify memberikan akses berdasarkan ketertarikan itu yang kemudian dijadikan satu dalam “station”.

Pengguna diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri station-nya yang kemudian akan memberikan notifikasi ke perangkat. Notifikasi-notifikasi tersebut akan dikirimkan langsung ke lockscreen, di mana pengguna dapat dengan mudah mengakses berita di manapun.

Pengguna sendiri yang memutuskan apakah ingin membaca isi keseluruhan artikel atau tidak. Jika mereka suka, mereka dapat mengklik tautan dan membaca isi berita melalui aplikasi browser favorit masing-masing. Kekinian jelas jadi sajian utama di dalamnya, memastikan pengguna memperoleh item-item berita yang paling hangat langsung di genggaman.

Berbagi masih jadi “mantra” Facebook dalam menghubungkan jutaan penggunanya. Di Notify, pengguna dapat membagikan notifikasi favorit ke teman via email, Facebook, pesan singkat atau aplikasi pihak ketiga lainnya. Atau bila sedang sibuk, notifikasi juga dapat disimpan untuk dibaca di waktu senggang.

Sayangnya Notify saat ini baru terbatas untuk pengguna iOS di kawasan Amerika Serikat. Facebook bahkan tak menyinggung sama sekali kapan akan memboyong Notify ke platform Android.

Sumber berita Facebook.