6 November 2015

by Glenn Kaonang

Facebook Music Stories Hadirkan Apple Music dan Spotify di News Feed Anda

Baru tersedia di aplikasi Facebook untuk iPhone saja

Saat menemukan lagu yang disuka, kita cenderung ingin membagikannya ke orang lain – bisa melalui aplikasi messaging, atau yang lebih umum, lewat Facebook atau Twitter dengan status semacam "Now playing …" Kini dengan adanya layanan streaming musik, kita pasti akan lebih mudah menemukan lagu-lagu baru, dan ujung-ujungnya, lebih sering membagikannya ke media sosial.

Melihat tren tersebut, Facebook ingin memberikan pengalaman berbagi yang lebih baik terkait musik. Mereka pun memperkenalkan fitur bernama "Music Stories", yang sejatinya merupakan sebuah format post baru dimana orang-orang dapat mendengarkan preview berdurasi 30 detik dari lagu (atau album) yang dibagikan, tanpa berpindah aplikasi sama sekali.

Sejauh ini baru dua layanan streaming musik yang didukung, yaitu Apple Music dan Spotify. Fitur Music Stories itu sendiri juga baru tersedia di aplikasi Facebook untuk iPhone. Jadi sekarang, semua lagu atau album yang dibagikan dari Apple Music dan Spotify akan tampil sebagai Music Stories ketika dilihat dari aplikasi Facebook untuk iPhone.

Dari situ pengguna bisa menekan tombol Play untuk mendengarkan preview-nya, atau menekan tombol "Listen on Apple Music" untuk langsung berpindah aplikasi dan mendengarkan lagu tersebut sampai habis. Tak hanya itu, Music Stories juga memungkinkan pengguna untuk membeli lagu atau album yang dibagikan, melalui link menuju ke iTunes secara langsung.

Ke depannya, Facebook memastikan akan memperluas dukungan layanan streaming musik untuk fitur Music Stories. Sayangnya, tidak ada keterangan apakah fitur ini bakal mendarat di aplikasi Facebook untuk Android dalam waktu dekat – mungkin Facebook masih menunggu kehadiran aplikasi Apple Music di Android secara resmi.

Buat yang masih penasaran dengan cara kerja Facebook Music Stories, silakan tonton video demonstrasi resminya di bawah ini – yang diunggah ulang ke YouTube oleh user Steven Cravis.

Sumber: Facebook.