20 November 2015

by Bambang Winarso

Facebook Uji Fitur Baru untuk Pengguna yang Patah Hati

Fitur ini membantu pengguna untuk membatasi news feed dari status mantan dan membatasi nama mantan dari saran otomatis

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya putus cinta, dan itu bukan pengalaman yang menyenangkan. Di saat-saat labil seperti itu, biasanya orang akan berbuat apa saja agar dapat melupakan mantan. Salah satunya adalah dengan mengubah status hubungan di Facebook menjadi single.

Celakanya, kendati status hubungan di Facebook sudah dibuat “single”, tak serta merta mereka dapat menghindari status baru yang mantan buat di news feed. Kalau sudah begini, setegar apapun seseorang, akan dibuat sulit untuk move on, sementara di sisi lain mereka juga tidak mau memblokir dengan cara unfriend demi menjaga hubungan baik sebagai teman biasa.

Tapi untungnya Facebook sekarang punya solusi baru yang akan memfasilitasi para pengguna yang sedang patah hati. Tool baru yang masih dalam pengujian ini akan membantu pengguna untuk tidak lagi melihat update status dari mantan namun tetap berteman. Dengan demikian, jika pasangan ingin kembali berhubungan, mereka tidak harus meminta pertemanan ulang. Lucu kan jika harus begitu?

Jadi ketika pengguna mengubah status hubungan menjadi single, tool ini akan menawarkan beberapa pilihan yang memberikan kendali agar nama dan update status mantan tidak tampil di newsfeed, nama mantan juga tidak akan disarankan saat menulis status atau menandai foto, dan membatasi foto, video dan status terlihat oleh mantan.

Fitur tambahan yang saya yakin dapat diterima dengan baik oleh sebagian besar pengguna Facebook. Sayangnya fitur ini baru diujikan di kawasan Amerika Serikat. Dalam pengumuman resminya, Facebook menjanjikan segera membuat perubahan dan memperluas jangkauan berdasarkan umpan balik dari pengguna.