10 December 2015

by Bambang Winarso

Mozilla Rilis Aplikasi Penghalau Iklan untuk iOS, Focus by Firefox

Focus by Firefox adalah aplikasi penghalau iklan, tracker dan plugin pihak ketiga untuk peramban Safari iOS 9

Meskipun baru saja mengumumkan penghentian pengembangan Firefox OS untuk smartphone, bukan berarti Mozilla sepenuhnya pensiun dari dunia aplikasi mobile. Justru baru-baru ini Mozilla melahirkan lagi satu produk aplikasi mobile pemblokir iklan bernama Focus by Firefox, yang anehnya diperuntukkan bukan untuk peramban Firefox, melainkan untuk pengguna Safari di iOS 9.

Seperti julukannya, ad-blocker, Focus by Firefox adalah aplikasi pemblokir konten yang membantu pengguna iPhone dan iPad berbasis iOS 9 untuk menghalau iklan yang tak diinginkan ketika menjelajah dunia maya menggunakan peramban Safari. Bukan hanya iklan, menurut sang pembuat Focus by Firefox juga mujarab menghalau pelacak dan plugin yang dipasang oleh aplikasi pihak ketiga yang mengirimkan informasi tentang pengguna kembali ke pemilik situs atau perusahaan lainnya.

Diluncurkan pada hari Selasa (8/12/2015) di App Store, Focus by Firefox merepresentasikan upaya terkini dalam mengerem peningkatan aktivitas penyusupan melalui iklan dan software berbahaya yang kerap menempatkan pengguna internet sebagai pihak yang dirugikan.

Menurut Mozilla, Focus by Firefox memblokir pelacak yang juga dihalau oleh fitur Private Browsing dengan Tracking Protection dalam kondisi aktif baik di platform Windows, Linux, Mac maupun Android. Keduanya sama-sama menggunakan blocklist dari program opensource, Disconnect.

Seperti yang sudah disinggung di awal, Focus by Firefox tidak diperuntukkan bagi aplikasi Firefox iOS. Mozilla berdalih ini bukanlah keputusan mereka, Apple lah yang memilih untuk meniadakan fitur penghalau konten untuk peramban iOS pihak ketiga.

Sumber berita Mozilla.