1. Startup

Gandeng Microsoft Indonesia, Ruangguru Gelar Teachers Development Program

Bertujuan agar guru lebih melek teknologi, sudah diikuti lebih dari 100 pengajar

Startup teknologi lokal yang menyediakan layanan pendidikan dan konten belajar Ruangguru berusaha terus meningkatkan kualitas dan (termasuk) kesejahteraan para pengajar. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menggelar Teachers Development Program, bersama Microsoft Indonesia, yang rencananya secara rutin akan dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kualitas ajar para guru, seperti ditegaskan Benny Kusuma, Education Lead Microsoft Indonesia.

“Pelaksanaan Teachers Development Program oleh Ruangguru sejalan dengan komitmen Microsoft untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Memasuki pendidikan abad ke-21 saat ini, kemampuan guru dalam menguasai teknologi yang dapat mendukung produktivitas mengajar dan belajar akan menjadi kompetensi berarti bagi mereka. Microsoft berharap dapat terus mendampingi para guru di Indonesia untuk memiliki kompetensi tersebut,” kata Benny.

Pelatihan dan materi yang diberikan di antaranya berisi pemanfaatan teknologi terkini untuk mendukung proses mengajar dan belajar menjadi lebih efektif dan produktif. Ruangguru mencatat sudah lebih dari 100 orang pengajar telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Selain itu, kami juga meningkatkan kualitas para guru melalui berbagai inisiatif, seperti pelatihan berkala bagi guru, program apresiasi prestasi, serta melengkapi para guru dengan berbagai tools yang memudahkan aktivitas mengajar dan pengembangan profesi mereka. Misalnya, lewat platform tes.ruangguru.com dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu guru-guru di sekolah mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) Nasional yang berlangsung selama November ini,” ungkap Product Manager Ruangguru Rosmiyana.

Sejak diresmikan bulan April 2014, Ruangguru telah menjadi wadah bagi lebih dari 22.000 pengajar privat yang terdiri dari guru-guru berpengalaman, para mahasiswa berprestasi dari universitas ternama, serta kaum profesional dengan rekam jejak terpercaya yang senang mengajar dan ingin mencari penghasilan tambahan.

Jenis pelajaran  yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari pelajaran sekolah, persiapan ujian yang terstandarisasi (TOEFL, IELTS, SAT), musik, olahraga, bahasa asing, dan masih banyak lagi.

Memanfaatkan momentum Hari Guru Nasional

Salah satu visi utama Ruangguru adalah meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, termasuk meningkatkan kesejahteraan para pengajar. Mereka membuka akses kepada lebih banyak masyarakat umum maupun pendidik profesional agar bisa lebih terlibat aktif dalam mencerdaskan bangsa.

Diharapkan upaya tersebut dapat mengubah persepsi seputar kompensasi profesi pengajar yang dianggap relatif tidak semenarik profesi lainnya.  Ruangguru memunculkan berbagai mekanisme sumber penghasilan lain yang lebih adil dan juga menarik melalui marketplace guru privat.

Bertepatan dengan momentum Hari Guru Nasional, Ruangguru mempertegas ambisinya untuk terus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pengajar di Indonesia. Ambisi tersebut diwujudkan melalui berbagai inisiatif, baik berupa program pelatihan maupun program apresiasi yang telah dirancang khusus bagi para pengajar yang tergabung di platform Ruangguru.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again