31 August 2015

by Glenn Kaonang

Gelang Pintar Razer Nabu Dirilis Ulang, Kini Mengusung Desain Baru dan Fitur Sosial

Masih ingat dengan Razer Nabu? Gelang pintar dari raksasa peripheral PC tersebut rupanya dirilis ulang. Razer tampaknya perlu mengambil langkah ini karena versi awal Razer Nabu sendiri belum sempat merambah konsumen secara luas meski telah diperkenalkan lebih dari setahun yang lalu, tepatnya pada ajang CES 2014.

Namun dalam jangka waktu yang lama tersebut, Razer telah menerima banyak masukan dari mereka yang berkesempatan menggunakan Nabu. Maka dari itu, dalam peluncuran ulang ini, Razer Nabu hadir dengan desain yang baru yang diyakini bisa memudahkan pengoperasiannya.

Satu perubahan yang paling menonjol adalah, Razer Nabu kini tak lagi dibekali dua layar seperti dulu, melainkan satu saja layar OLED monokrom beresolusi 128 x 16 pixel. Tidak disebutkan alasan pastinya, tapi saya menduga para beta tester Razer Nabu tidak suka memutar-mutar pergelangan tangannya guna melihat informasi pada dua layar yang berbeda. Selain itu, tombol pengoperasiannya kini ditempatkan di atas layar agar lebih mudah dijangkau pengguna.

Masih seputar fisiknya, Razer Nabu juga dirancang tahan air, tapi hanya cipratan saja, dan bukan untuk diajak mandi apalagi berendam. Baterainya diklaim bisa bertahan hingga enam hari nonstop, dan ia tetap mengandalkan Bluetooth 4.0 untuk menyambung ke perangkat Android atau iOS tanpa menguras daya secara berlebihan.

Info menarik: Sony Rilis SmartBand 2, Kini Dilengkapi Heart Rate Monitor

Soal fitur, Razer Nabu tetap mengusung kemampuan fitness tracking maupun sleep tracking yang akan berjalan secara otomatis ketika penggunanya terlelap. Namun keunikan Nabu sejatinya terletak pada aspek sosialnya. Dengan mengusung tagline "Social Wearable", Nabu memungkinkan terjadinya pertukaran informasi sosial media antar sesama pengguna hanya dengan berjabat tangan.

Jadi, semisal ada dua orang yang sama-sama memakai Razer Nabu, mereka bisa bersalaman untuk bertukar kontak Facebook atau Twitter-nya. Tidak cuma itu, pengguna juga bisa saling bertukar informasi aktivitas fisiknya. Namun yang lebih menarik lagi, Razer telah merencanakan fungsi terkait multiplayer game yang sedang dikerjakan bersama pihak developer.

Bonus untuk pengguna iOS, Razer Nabu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur jalannya musik sekaligus menjadi remote shutter untuk mengontrol kamera dari jarak jauh. Semua pengaturan atas fungsi tombol tunggalnya bisa dilakukan via aplikasi pendamping Nabu di smartphone.

Razer telah menjadwalkan pre-orderNabu mulai tanggal 15 September mendatang seharga $100. Razer juga menawarkan Nabu X yang berfungsi sama, namun tidak dilengkapi layar dan dibanderol cuma $50. Selagi menunggu kehadirannya, Anda bisa menyimak video promosi keren dari Razer Nabu di bawah ini yang bertemakan zombie apocalypse.

Sumber: Razer.