9 November 2015

by Bambang Winarso

Google Akuisisi Fly Labs untuk Genjot Pengembangan Google Photos

Fly Labs akan bekerja sama dengan tim Google Photos dan meleburkan teknologinya

Foto dan video adalah dua elemen yang kerap jadi “jualan” para pengembang besar. Fly Labs adalah salah satu yang konsisten bermain di ranah ini, dan kiprahnya menterengnya sukses membuat Google terkesan. Baru-baru ini tim Fly Labs secara resmi mengumumkan telah diakuisisi dan menjadi bagian dari Google.

Di Mountain View, Fly Labs nantinya akan bergabung dengan tim di belakang aplikasi Google Photos, aplikasi penyimpanan foto yang diperkenalkan bulan Mei lalu. Meski tak secara detail dijelaskan, namun Fly Labs memberikan sedikit bocoran apa garapan barunya di sana.

“Google Photos adalah jodoh yang tepat untuk kami. Ke depan kami akan meleburkan teknologi kami ke dalam Google Photos. Menghadirkan fitur-fitur ala aplikasi Clips, Fly, Tempo dan Crop.”

Tidak ada komentar dari Google ataupun Fly Labs perihal mahar untuk mewujudkan akuisisi ini. Namun berkaca pada akuisisi yang sudah-sudah dan fakta bahwa Fly Labs terdiri dari tim yang kecil, besar kemungkinan Google hanya mengeluarkan kurang dari $2 juta atau mungkin saja di bawah $1 juta.

Tapi jangan salah, meskipun terdiri dari kumpulan tim kecil, Fly Labs cukup sukses menggarap apa yang jadi passion mereka. Melahirkan beberapa aplikasi yang cukup populer di App Store, seperti Tempo, Fly dan Crop. Akuisisi ini mengukuhkan seberapa baik hasil kerja mereka, selain statistik 3 juta unduhan dari 150 negara berbeda dan 20 juta video baru hanya dalam waktu 18 bulan terakhir.

Tapi di antara nama-nama itu, Google sepertinya lebih kepincut pada kemampuan Fly Labs membenamkan dukungan video 4K ke dalam aplikasi editornya yang bernama Clips. Clips adalah satu satu aplikasi video editor yang punya dukungan itu dan diyakini merupakan potongan puzzle yang akan melengkapi platform Android.

Sumber berita Ubergizmo.