Dark
Light

Google Merilis Pembaruan Android 11 Versi Stabil, Ini Fiturnya

1 min read
September 9, 2020
google-merilis-pembaruan-android-11-versi-stabil

Google akhirnya meluncurkan versi stabil dari OS Android 11 terbarunya untuk smartphone Google Pixel, meliputi Pixel 2, 3, 3A, 4, dan 4A. Pembaruan dapat diunduh lewat Settings > System > Advanced > System update atau mengunduh factory images di sini dan full OTA images di sini.

Setelah pengumuman Google, sejumlah produsen smartphone bergerak cepat merilis pembaruan Android 11 mereka sendiri yaitu OnePlus, OPPO, Realme, dan Xiaomi. Namun bukan versi stabil, melainkan Android 11 versi open beta dan perangkat yang didukung sebagai berikut.

  • OnePlus 8, OnePlus 8 Pro
  • Oppo Find X2, X2 Pro, Reno3, Reno3 Pro
  • Realme X50 Pro
  • Xiaomi Mi 10, Mi 10 Pro

Android 11 hadir dengan sejumlah fitur baru, seperti Bubbles yang menampung chat terbaru dari semua aplikasi perpesanan yang kita gunakan. Notifikasi dari aplikasi perpesanan juga dikelompokkan sendiri.

Selain itu, Android 11 juga dilengkapi fitur screen recorder baru, menu tombol power dan kontrol media dirombak, hingga opsi pembayaran cepat dengan NFC. Lalu di sisi privasi, Android 11 membawa dua fitur baru.

Pertama sekarang kita bisa memberikan akses untuk izin ke aplikasi satu kali. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir dan menonaktifkan izin aplikasi secara manual. Kedua bila suatu aplikasi sudah lama tidak digunakan, sistem akan secara otomatis mencabut izinnya sehingga tidak bisa mengakses data di latar belakang.

Google juga meningkatkan jumlah pembaruan keamanan dan privasi ke perangkat kita lewat Google Play, sehingga tidak perlu menunggu pembaruan OS. Untuk pengguna Android Enterprise, Android 11 menyediakan profil kerja baru yang memungkinkan departemen TI mengelola perangkat tanpa mengakses informasi profil pribadi.

Sumber: GSMArena

under armour sponsori team smg
Previous Story

Under Armour Jadi Sponsor dari Team SMG, Organisasi Esports Singapura

ID Photobook
Next Story

Layanan Cetak Foto ID Photobook Berhasil Jaga Pertumbuhan Bisnis Melalui Pemasaran Digital

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas
5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi