2 November 2015

by Bambang Winarso

Ikuti Jejak Snapchat, Instagram Suguhkan Video Event Populer Terkurasi

Layanan berbagi foto, Instagram baru saja meluncurkan sebuah channel video yang akan menampilkan foto dan video terkurasi dari pengguna yang fokus pada event atau perayaan yang sedang populer.

Jadi dari definisi dan fungsinya, channel video ini hampir sama dengan apa yang disuguhkan oleh Twitter Moments dan Stories ala Snapchat. Letaknya sendiri di dalam aplikasi disisipkan pada menu tab Explore, dimana untuk penayangan perdana banyak menyuguhkan konten-konten terkait Halloween.

Dikatakan bahwa fitur ini akan menampilkan video terbaik yang diposting oleh pengguna ke Instagram. Tapi di balik itu, ada tim editorial yang akan memainkan peran dalam pemilihan konten-konten tersebut. Pengguna tidak hanya dapat memutar video tapi juga mengganti klip yang disukai, atau langsung mengunjungi pembuat video dengan cara men-tap username dan langsung menjelajah video buatannya serta memberikan β€œhati” pertanda suka.

Info Menarik:Apa Itu Instagram, Fitur dan Cara Menggunakannya?

β€œIni adalah cara baru untuk merasakan pengalaman yang berbeda dalam merayakan momen-momen besar, dan ini baru permulaan.” Ucap juru bicara Instagram kepada Re/code. Hanya saja fitur ini sepertinya baru tersedia untuk pengguna Instagram di kawasan Amerika sana.

Di Amerika sendiri ada beberapa event dan perayaan yang secara rutin digelar, seperti debat presiden yang kerap mengundang animo masyarakat di sana. Kemudian perayaan Thanksgiving, dan pastinya Natal di akhir tahun nanti.

Seperti yang sudah disinggung di atas, selain Instagram ada dua layanan yang juga punya fitur serupa, yaitu Snapchat dan Twitter. Snapchat Live Stories sudah sejak lama jadi andalan, dimana fitur ini menyajikan video-video terkurasi dari event-event offline. Sementara Twitter Moments baru meluncur bulan lalu, ia juga berisi kumpulan tweet terkait event yang sedang digelar.

Sumber gambar header10 FACE/Shutterstock.com.