11 August 2015

by Yoga Wisesa

Ini Dia Info Harga dan Waktu Rilis Smach Zero alias 'SteamBoy'

Ketika perangkat hybrid PC dan console handheld SteamBoy dikonfirmasi berubah nama jadi Smach Zero pada bulan Juni kemarin, tersingkap pula-lah detail lebih lanjut dan informasi terkait spesifikasi hardware. Tapi masih ada pertanyaan belum terjawab: apakah Smach Zero jadi diluncurkan tahun ini, dan kira-kira berapa harga yang ditawarkan untuk satu unitnya?

Ternyata developer Smach Zero turut berpartisipasi di ajang Gamescom Cologne 2015. Mereka membuka booth, bahkan sempat memublikasi press release dan video singkat mengenai harga serta sejumlah fitur. Di sana akhirnya diketahui bahwa peluncuran SteamBoy alias Smach Zero akan dilaksanakan pada triwulan keempat tahun 2016. Jika memesannya pada periode pre-sale, Anda memperoleh harga spesial, yaitu US$ 300.

Artinya harga retail berpotensi tinggi akan dibanderol lebih dari itu, saya memprediksi antara US$ 350 sampai US$ 450. Tim pengembang juga pernah menjelaskan, proyek SteamBoy tidak dikerjakan oleh Valve Corporation, bahkan tidak mempunyai kaitan apa-apa dengan Valve ataupun Steam - selain platform SteamOS yang diusungnya. Ini mungkin penyebab nama SteamBoy berubah.

Smach Zero menjanjikan kompatibilitas ke 1.000 lebih permainan di Steam, kemudahan kustomisasi pada skema kontrol, konektivitas wireless, serta prosesor yang efisien demi memastikan agar baterai bertahan lama. Berdasarkan daftar hardware, Smach Zero sanggup menjalankan Cities: Skylines, Tropico 5, Dota 2, Civilization V, dan juga game-game shooter semisal Half-Life 2 dan BioShock: Infinite.

Info menarik: Ganti Nama Jadi SMACH Zero, Spesifikasi Hardware ‘SteamBoy’ Diungkap

Sebagai otak utamanya, developer menambatkan system-on-chip AMD G-Series 'Steppe Eagle' berbasis CPU Jaguar dan chip grafis Radeon berteknologi Graphics Core Next. Terdapat RAM 4GB, memori internal 32GB, plus slot SD card dan port USB. Device menyuguhkan layar 5-inci dengan resolusi HD 720p, ditambah output HDMI, konektivitas Bluetooth, Wi-Fi serta jaringan mobile 4G di varian Pro. Smach Zero bekerja di platform SteamOS berbasis Linux.

Namun saya melihat sebuah masalah, terutama membahas hardware dan waktu rilis. Jika Smach Zero baru diluncurkan akhir tahun depan, bukankah komposisi komponen internal tersebut akan ketinggalan zaman? Ia mungkin mampu menangani Dota 2, tapi bagaimana seandainya kita ingin menikmati permainan-permainan bergrafis intens? Buat sekarang saja, saya ragu Zero bisa menjalankan The Witcher 3. Adakah upgrade komponen untuk versi retail nanti?

Gerbang pre-order rencananya segera dibuka pada tanggal 10 November 2015. Untuk update langsung dari developer, silakan daftarkan alamat email Anda di webste resmi Smach Zero.

Via Gamasutra & Gamespot. Header: Google Plus Smach Zero.