20 November 2015

by Oki Rosgani

Inikah Kejutan Xiaomi Menjelang Penutupan Tahun 2015?

Dua smartphone teranyar besutan Xiaomi diperkirakan hadir akhir November tahun ini

Belum lama ini, co-founder Xaomi, Lin Bin mengunggah sebuah foto smartphone terbaru Xiaomi yang akan segera dirilis dalam waktu dekat. Foto yang diunggahnya melalui situs jejaring sosial China, Weibo itu merupakan bocoran foto penampakan dari smartphone Xiaomi Redmi Note 2 Pro.

Lantas apa yang membedakan smartphone versi 'Pro' ini dengan varian lain dari smartphone Redmi Note 2 non-Pro yang sudah dirilis lebih dulu? Perubahan yang dijejalkan pada smartphone Redmi Note 2 Pro ini dikabarkan akan terletak pada material casing yang kini menggunakan body berbahan metal, sedangkan varian sebelumnya hadir dengan bodi berbahan plastik.

Selain itu smartphone Redmi Note 2 Pro ini juga memiliki body 0.5mm lebih tebal dibanding versi pendahulunya, smartphone versi Pro juga memiliki fitur yang lebih 'sakti' dengan adanya sensor pembaca sidik jari berbentuk bundar yang terletak tepat di bawah lampu LED kamera bagian belakang smartphone ini.

Dari foto yang diunggah oleh Lin Bin melalui akun Weibo miliknya, smartphone varian teranyar dari seri Redmi Note 2 ini memiliki desain yang cukup elegan dengan sentuhan body berbahan metal dengan sudut-sudutnya yang dibuat membulat, sensor pembaca sidik jari yang juga dibuat melingkar membuat tampilan keseluruhan dari smarphone ini terlihat apik dan selaras.

Sama seperti smartphone Redmi Note 2 versi sebelumnya, smartphone Xiaomi Redmi Note 2 Pro ini juga hadir dengan bentang layar 5.5 inci yang mampu menampilkan resolusi 1080 x 1920. Ia juga diotaki dengan prosesor octa-core MT6795 besutan Mediatek yang bisa digeber hingga menyentuh kecepatan 2GHz.

Smartphone kemungkinan akan resmi dirilis pada tanggal 24 November besok, dimana akan ada dua varian memori RAM yang berbeda yakni 2GB dan 3GB.

Menurut kabar yang terbaru, empat hari setelah peluncuran smartphone RedMi Note 2 Pro diumumkan atau tepatnya tanggal 28 November nanti, juga akan ada peluncuran smartphone Xiaomi Mi4 varian baru yang berjalan dengan platform Windows 10 Mobile.

Kehadiran smartphone Xiaomi Mi4 versi Windows 10 Mobile ini merupakan buah dari kerjasama yang dilakukan Xiaomi dengan Microsoft awal tahun 2015 ini dimana Xiaomi juga telah menjadi salah satu hardware partner bagi Microsoft bersamaan dengan dirilisnya platform Windows 10 Technical Preview beberapa bulan lalu.

Sama seperti smartphone Xiaomi Mi4 yang berjalan dengan paltform Android, varian teranyar yang berjalan dengan platform Windows 10 Mobile ini akan memiliki layar IPS LCD berukuran 5 inci yang dapat menampilkan resolusi fullHD 1080 piksel, smartphone ini juga akan diotaki dengan prosesor quad-core Snapdragon 801 besutan Qualcomm yang dapat berlari hingga 2.5GHz dan memiliki dukungan modul grafis Adreno 330 serta RAM berkapasitas 3GB.

Tak ketinggalan bahwa smartphone ini juga akan memiliki fitur kamera 13 megapiksel yang mampu merekam video berkualitas 4K dan kamera depan 8 megapiksel yang lebih dari cukup untuk digunakan mengambil panggilan video ataupun foto selfie.

Sayangnya belum ada kabar berapa harga jual untuk smartphone Xiaomi Mi4 versi Windows 10 Mobile ini, sementara varian dari smartphone Xiaomi Redmi Note 2 Pro yang dijejali dengan dukungan RAM 2GB dikabarkan dijual dengan harga US$172 dan varian dengan RAM 3GB akan dijual sedikit lebih mahal.

Melengkapi kabar di atas, Xiaomi juga ditengarai sedang menyiapkan smartphone jagoan baru bertajuk Xiaomi Mi 5 yang digadang-gadang akan menjadi smartphone flagship terbaru besutan Xaomi tahun ini, namun dari informasi yang kami kutip melalui situs Softpedia menyebutkan bahwa smartphone Xiaomi  Mi 5 belum akan hadir tahun ini, paling cepat baru tahun 2016 mendatang.

Sumber: PhoneArena, Softpedia, GizmoChina