1. Startup

Kebohongan Umum Para Pendiri Startup

Beberapa pendiri startup cenderung melebih-lebihkan tingkat pertumbuhan, jumlah pendanaan serta jumlah pegawai untuk membuat perusahaan mereka terlihat lebih besar dan lebih baik

Seperti kebanyakan orang, para pendiri startup juga memiliki kecenderungan untuk berbohong. Sebagai seorang reporter teknologi, saya juga pernah menjadi korban kebohongan yang dikatakan oleh para Founder/Co-Founder/CEO startup pada saat wawancara. Beberapa mengatakan bahwa startup mereka tengah dalam proses mendapatkan pendanaan besar dari investor ternama dan sebagainya. Namun kemudian Anda tahu dari media bahwa perusahaan tersebut hanya mendapatkan dana US$200,000 dari investor angel lokal.

Beberapa bahkan mengatakan bahwa mereka sedang bertumbuh dengan sangat cepat, namun beberapa minggu kemudian Anda mendapat kabar bahwa perusahaan tersebut harus tutup layanan. (Baru-baru ini saya mewawancarai Mayank Zain, Co-Founder Talentpad, sebuah startup portal lowongan kerja yang didanai oleh VC. Ia mengklaim bahwa perusahaannya tengah bertumbuh dengan cepat saat itu. Sekarang, saya akhirnya tahu bahwa perusahaannya ternyata sedang di ambang kebangkrutan!).

Jadi, tidak jarang para pendiri startup melebih-lebihkan pertumbuhan startup mereka dan mengatakan kebohongan. Mereka cenderung untuk berbohong pada saat wawancara dengan media atau pelamar kerja atau bahkan saat sedang pitching di hadapan investor. Sayangnya rata-rata mereka berakhir dengan kebangkrutan. Berikut beberapa kebohongan yang biasanya dikatakan oleh para pendiri/CEO startup.

(Tulisan ini hanya merupakan bacaan ringan, dan penulis tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa semua startup mengatakan kebohongan pada investor dan media. Penulis menggunakan Quora sebagai rujukan untuk tulisan ini.)

Kami sedang dalam pertumbuhan yang sangat cepat dan kami ingin Anda untuk bergabung bersama kami

Kenyataannya: Itu artinya gaji dasar di sini adalah US$45,000 dengan ekuitas sebesar 0.08 persen.

Kami mendapatkan pendanaan awal dari Andreessen Horowitz

Kenyataannya: Startup tersebut mungkin telah mendapatkan pendanaan dari Andreessen bertahun-tahun yang lalu. Andreessen biasanya menginvestasikan US$100,000 pada masing-masing startup dan melanjutkannya dengan pendanaan seri A hanya kepada 18 persen di antaranya. Setiap VC lain yang ditemui oleh startup tersebut akan bertanya mengapa investor sebelumnya tidak melanjutkan investasinya dengan pendanaan seri A.

Tim pendiri kami berasal dari Google

Kenyataannya: Mereka mungkin pernah bekerja pada proyek Google+, Google Wave atau Orkut.

Nilai seri B kami mencapai US$55 juta, kami akan menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar, kami menawarkan ekuitas 0,05 persen

Kenyataannya: Jika hal ini benar, maka mereka pasti telah tereduksi gila-gilaan. Rata-rata, mereka akan terus beroperasi selama empat tahun ke depan dan kemungkinan exit pada nilai yang lebih rendah daripada nilai pendanaan yang mereka peroleh atau pada nilai US$100 juta.

Bahkan jika mereka memilih exit pada nilai US$100 juta, maka mereka akan memerlukan tujuh tahun untuk mencapainya, serta mereduksi nilai kepemilikan saham masing-masing hingga 3 persen, sehingga masing-masing dari mereka akan memperoleh maksimal US$3 juta.

VC memberikan US$20 juta dan berharap untuk mendapatkan US$90 juta. Startup akan menyadari bahwa jika mereka memperoleh pendanaan awal sebesar US$500,000 dan memilih untuk exit enam bulan setelahnya, maka mereka akan mendapatkan US$3 juta, sama halnya jika mereka bekerja selama enam bulan. Jika itu terjadi, maka para pendiri startup tersebut hanyalah seorang idiot.

Kami akan menyelesaikan proses perolehan pendanaan dalam waktu satu minggu ke depan

Kenyataannya: Kemungkinan terbaik dari situasi ini adalah bahwa perusahaan telah memastikan mayoritas dari pendanaan tersebut dan kemungkinan akan menyelesaikan semuanya dalam waktu dua-empat bulan ke depan. Dalam kasus ini, mengatakan satu-dua minggu cukup masuk akal selama tidak ada keputusan krusial menyangkut keuangan yang dibuat selama satu bulan ke depan.

Kami menerapkan konsep bersenang-senang di tempat kerja dan kami sangat fleksibel

Kenyataannya: Anda kemungkinan akan bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam tanpa mendapat uang tambahan. Jika Anda meminta kenaikan gaji, maka mereka akan mengatakan bahwa mereka hanyalah startup sehingga tidak dapat mengabulkan hal tersebut.

Teknologi kami dilindungi oleh hak paten

Kenyataannya: Mereka mungkin hanya memiliki hak paten pada bidang yang sangat sempit namun mengharapkan untuk dapat mengajukan klaim di segala bidang, namun ada banyak sekali bentuk karya seni, dan kantor paten sangat mungkin menolak nyaris semua klaim yang diajukan, sehingga paten tersebut menjadi sia-sia.

Kami memiliki 50 pegawai dan 1,000 pelanggan

Kenyataannya: Ini adalah trik tradisional untuk membuat perusahaan terlihat lebih besar dan lebih baik.

_ Tulisan ini ditulis oleh Sainul Abudheen K dan dimuat pertama kali di website e27

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again