1. Startup

Kementerian Kelautan dan Perikanan Bermitra dengan Global Fishing Watch

Terdiri dari Sky Truth, Oceana, dan Google, untuk membuka data perikanan swasta kepada pihak yang berkepentingan

Pemerintah Indonesia semakin gencar menerakan teknologi untuk mengatasi berbagai permasalahan. Yang terbaru adalah kabar mengenai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang rencananya akan bekerja sama dengan Sky Truth, Oceana, dan Google yang tergabung dalam Global Fishing Watch (GFW). Kerja sama strategis ini memungkinkan Indonesia membuka data perikanan swasta kepada pihak yang berkepentingan sesuai dengan aturan. Kemitraan ini juga akan dimanfaatkan untuk mengurangi kegiatan illegal fishing yang sedang menjadi sorotan KKP.

Global Fishing Watch akan memberikan laporan analisa data dari jaringan Automatic Identification System (AIS) yang berisi identitas kapal, lokasi, kecepatan, tujuan dan informasi lainnya. Teknologi AIS yang semula digunakan untuk mencegah tabrakan di laut kini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi perilaku kapal. Kerja sama yang dibangun ini nantinya akan menyajikan tampilan kegiatan penangkapan ikan komersial di seluruh dunia yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Ini adalah terobosan luar biasa, ke depan tidak ada lagi kapal-kapal yang lakukan illegal fishing. Kami akan lihat, kejar," ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti seperti dikutip dari Tempo.

Melalui kerja sama dengan Global Fishing Watch pemerintah berharap mampu mewujudkan transparansi data nasional untuk perikanan tangkap, dan mengatasi praktik illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing yang tergolong sebagai kejahatan global. Data yang dihasilkan dari Global Fishing Watch memungkinkan pemerintah untuk mengaplikasikan teknologi canggih seperti big data, machine learning, cloud computing, dan visualisasi yang canggih dan menyeluruh untuk mengoptimalkan tata kelola perikanan.

"IUUF ini kejahatan global, untuk mengakhirinya kami harus menggunakan perangkat canggih guna mengawasi dan mencatat semua aktifitas penangkapan ikan," ungkap Susi.

Indonesia sebelumnya juga telah memiliki teknologi Vessel Monitoring System (VMS). Sebuah sistem yang digunakan oleh seluruh dunia untuk memantau kegiatan penangkapan ikan komersial. Indonesia sendiri sebagai negara penghasil ikan tangkap terbesar memiliki salah satu sistem VMS terluas di dunia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again