Lenovo Pamerkan Tablet yang Bisa Dilipat Jadi Smartphone

Lenovo Folio mempunyai ukuran standar tablet 7,8 inci dan bisa dilipat jadi smartphone 5,5 inci

Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik untuk menciptakan perangkat dengan layar yang bisa dilipat atau ditekuk. Ada satu perusahaan besar lainnya, yakni Lenovo yang tahun lalu juga sempat memamerkan smartphone yang bisa ditekuk dan bahkan direkatkan ke lengan layaknya gelang. Tahun ini, Lenovo kembali bikin inovasi bernama Lenovo Folio, yakni sebuah perangkat tablet Android yang juga bisa ditekuk sehingga beralih fungsi menjadi smartphone.

Tablet inovatif yang masih berupa prototipe itu dipamerkan di ajang Lenovo Tech World Event yang digelar di San Fransisco minggu lalu. Sebuah video singkat memperlihatkan bagaimana cara kerja tablet, ketika bertransformasi dari ukuran tablet ke ukuran smartphone yang lebih ringkas. Berdasarkan video tersebut terlihat bahwa tablet dalam keadaan berfungsi normal.

Perbedaan mendasar dari tablet Lenovo Folio dengan sejumlah konsep desain yang ada, alih-alih melipat ke dalam, layar justru dilipat ke arah luar yang membuat kedua layar sepenuhnya terbuka di kedua sisi. Jadi, ketika tablet dilipat, ia akan berubah fungsi menjadi ponsel dengan tepian yang juga tampaknya secara otomatis berubah menyerupai panel tepi di Samsung Galaxy Note Edge.

Sementara itu mengenai spesifikasinya, tablet mengemas chipset Snapdragon 800, mendukung dual SIM, membawa sistem operasi Android 7.0 Nougat dan memiliki ukuran layar standar 7,8 inci yang akan menciut menjadi 5,5 inci saat berfungsi sebagai smartphone. Spesifikasi lainnya masih belum diketahui, termasuk kapan versi finalnya akan dirilis dan berapa harganya.

Sumber berita Gizmodo dan header NDTV.