17 November 2015

by Bambang Winarso

Resmi Jalani Debut, Lenovo Vibe X3 Boyong Fitur Audio Menggelegar

Lenovo Vibe X3 mengemas layar selebar 5,5 inci dengan pilihan konfigurasi jeroan, Snapdragon dan MediaTek

Lenovo meneruskan eksistensi keluarga Vibe dengan kembali melahirkan generasi terbaru Vibe X3 di Tiongkok baru-baru ini. Diplot sebagai penerus Vibe X2, ponsel selebar 5,5 inci ini mengemas terobosan audio baru dan dihadirkan dalam tiga varian sekaligus.

Ketiga varian yang dimaksud masih menggunakan nama yang sama, begitu pula dengan spesifikasi secara umum, tak banyak perbedaan. Satu di antaranya sengaja dikemas dengan amunisi berbeda guna memberikan alternatif yang lebih terjangkau.

Ketiga varian Lenovo Vibe X3 sama-sama dibalut layar selebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD dan perlindungan dari Gorilla Glass 3. Namun soal jeroan, ketiganya mulai memisahkan diri, di mana dua varian teratas menggunakan Qualcomm Snapdragon 808 dengan RAM 3GB, memori 63GB atau 32GB serta tambahan slot microSD.

Kamera keduanya menggunakan sensor Sony IMX2130 dengan resolusi 23MP, mendukung autofocus dan perekaman video 4K. Untuk memberi keleluasaan selfie pada penggunanya, Lenovo membenamkan kamera depan 8MP.

Sementara varian paling rendah hanya dimotori oleh chipset MediaTek octa-core berkecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Selain degradasi di bagian jeroan, varian ketiga Lenovo Vibe X3 juga mendapatkan pemangkasan di sektor kamera, di mana bagian belakang menggunakan kamera 16MP dan di depan menjadi 5MP. Kemudian untuk baterai diturunkan menjadi 3.400mAh dari 3.600mAh di dua seniornya.

Secara umum spesifikasi Lenovo Vibe X3 terbilang sangat menjanjikan, tapi ada beberapa hal menarik lain yang seharusnya bakal membuat konsumen penggemar musik akan berpaling dari merek lain. Yakni adanya speaker stereo di bagian depan yang ditenagai oleh Hi-fi 3.0 dengan ESS Sabre ES9018K2M atau Wolfson8281 DAC, speakeramplifier dan tiga noice-cancelling mikrofon.

Ketiganya juga sudah mendukung teknologi 4G LTE dan tambahan sensor pemindai sidik jari.

Harga jualnya sendiri di Tiongkok saat ini di kisaran $470 untuk model 64GB, $390 untuk model 32GB dan $300 untuk model yang paling rendah. Namun belum ada informasi lebih lanjut kapan Lenovo akan memboyong salah satu atau ketiganya ke luar Tiongkok, bila melihat catatan sejarahnya, paling tidak satu varian Vibe X3 sangat mungkin diboyong oleh Lenovo ke pasar global.

Sumber berita PhoneArena dan Lenovo.