7 August 2015

by Oki Rosgani

Lewat Facebook Mentions, Facebook Juga Hadirkan Fitur Live Streaming

Layanan yang menyediakan fitur live streaming kini sedang populer dikalangan pengguna media sosial. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk memvideokan kegiatan mereka secara live..

Kendati ia bukan merupakan fitur yang benar-benar baru, namun layanan video live streaming yang dibesut oleh sejumlah layanan seperti Snap Chat, Vine, Meerkat dan Periscope telah menciptakan cara baru bagi para pengguna perangkat bergerak (smartphone dan tablet) untuk bisa mem-posting tayangan dalam bentuk video yang bisa disaksikan secara langsung oleh pengguna lain di seluruh dunia.

Fitur yang dimiliki Periscope bahkan telah berhasil mencuri perhatian Twitter untuk mengakuisisinya dengan nilai 100 juta dollar AS atau setara dengan Rp. 1,3 triliun, padahal saat itu Periscope merupakan sebuah perusahaan yang baru berdiri.

Info Menarik: Anda Kini Bebas Mengatur Apa Saja yang Tampil di News Feed Facebook Anda

Facebook pun kini tak mau ketinggalan untuk menghadirkan fitur live streaming yang mereka sebut dengan 'Live'. Dengan layanan ini, pengguna Facebook bisa menampilkan tayangan video secara langsung kepada para pengikutnya, tetapi tidak semua. Fitur live streaming ini baru tersedia untuk layanan Facebook Mentions, yang baru bisa digunakan oleh para selebritis atau figur publik yang memiliki akun Facebook yang telah terverifikasi.

Saat Facebook meluncurkan layanan ini, aktor Dwayne 'The Rock' Johnson dan petenis putri Wimbledon 2015 Serena William telah memiliki dan menayangkan video melalui fitur Live for Facebook Mention ini pada akun Facebook-nya. Para fans selebriti ini bisa menonton berbagai aktivitas secara live di Facebook.

Namun begitu, selebriti lain seperti Luke Bryan, Ricardo Kaka, Ashley Tisdale, Lester Holt, Martha Stewart, dan Michael Bublé dan masih banyak lagi juga akan menghadirkan live streaming di akun Facebook mereka. Sementara yang kami tahu, artis Indonesia yang telah memiliki fitur ini adalah Slank Band yang telah melakukan streaming perdananya dan mem-posting-nya di akun Facebook mereka.

Sayang sekali, pihak Facebook tidak langsung meluncurkan layanan ini untuk semua pengguna, walaupun Vadim Lavrusik selaku Product Manager dari layanan Facebook Live ini sempat mengisyaratkan bahwa nantinya layanan tersebut juga akan bisa digunakan oleh semua orang di seluruh dunia.

Tapi keputusan menghadirkan fitur live streaming ini tentunya menarik, karena dari sisi persaingan ini akan menjadikan ladang pertarungan baru antar jejaring sosial, setidaknya bagi Twitter (Periscope) dan Facebook. Para selebritus atau figur publik bisa jadi telah memiliki banyak fans dan follower di kedua layanan ini. Tinggal platform mana yang dipilih untuk menyiarkan langsung aktivitas, atau malah bisa jadi keduanya.

Sumber: PhoneArena, Facebook | Gambar Header: Facebook