1. Startup

Merayakan Industri E-commerce Indonesia

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015 segera diselenggarakan

E-commerce telah menjadi industri panas di Indonesia yang potensinya bahkan tidak terlihat meredup dalam waktu dekat ini. Kian dewasa, e-commerce memberikan efek berantai pada seluruh vertikal industri lainnya, menarik pihak-pihak baru untuk ikut terlibat lebih jauh dalam tren positif ini. Ingat bagaimana Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) #1212sale berhasil terselenggara secara sukses pada tahun lalu?

Dalam ekosistem yang lebih matang, Harbolnas akan kembali diselenggarakan tahun ini sebagai perayaan industri yang pengadopsiannya mulai mainstream pada hari dan tanggal yang sama. Untuk tahun ini, Harbolnas akan diadakan selama tiga hari, dari tanggal 10 hingga 12 Desember 2015, mengingat animo masyarakat yang begitu tinggi berdasarkan respon tahun lalu.

Harbolnas yang merupakan program diskon belanja online tahunan, ternyata tak hanya tentang promo dan potongan harga secara besar-besaran saja. Kegiatan tahunan ini menjadi turning point yang sejatinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelaku industri untuk berbenah segala aspek bisnisnya. Perkembangan Harbolnas dari tahun ke tahun mencatatkan peningkatan partisipan dan transaksi yang signifikan dari seluruh entitas yang berperan di dalamnya.

Pada tahun 2014, tercatat ada 78 layanan e-commerce yang berpartisipasi memberikan berbagai penawaran dan potongan harga hingga 90% yang menjadi magnet untuk menarik pelanggan dalam jumlah masif secara bersamaan pada tanggal 12 Desember.

Tingginya penggunaan Internet pada hari tersebut tercatat sebagai penggunaan Internet tertinggi kedua di Indonesia setelah Pemilu Presiden 2014. Hal ini memaksa para partisipan tak hanya mempersiapkan strategi bisnis, tetapi juga aspek teknologi demi mengakomodasi transaksi yang nyaman bagi para pelanggan.

Berdasarkan pantauan, kendala yang gagal diatasi ialah kurangnya informasi dari pemain besar ke pemain kecil menghadapi lonjakan pembeli dari aspek teknologi. Masalah scaling server dan security menjadi perhatian besar yang sangat masuk akal jika kenyamanan pembeli adalah prioritas di tahun ini.

Masyarakat Indonesia dapat menikmati lebih banyak pilihan karena partisipan tahun ini dikabarkan meningkat dengan sangat signifikan hingga 130 pemain e-commerce. Tentunya didukung juga dengan workshop yang diselenggarakan panitia untuk memastikan para pelaku e-commerce baru juga dapat memiliki wawasan dari yang sudah dipelajari oleh pemain e-commerce yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Kegiatan ini menunjukkan besarnya potensi e-commerce di Indonesia. Layanan e-commerce besar maupun kecil bersama-sama menyelenggarakan acara ini untuk dapat mengembangkan industri e-commerce di tanah air dan mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk berbelanja online. Munculnya pemain-pemain baru e-commerce dipermudah karena edukasi pasar yang sebelumnya telah dilancarkan oleh pemain besar sebagai entry point. Persaingan memaksa seluruh pemain untuk terus kompetitif, yang pada akhirnya memberikan dampak positif bagi para pelanggan.

Seakan pencapaian tahun-tahun lalu tak cukup membanggakan, panitia mengindikasikan bahwa tahun ini Harbolnas #1212sale akan penuh dengan kejutan dan pihaknya siap menargetkan untuk memecahkan rekor kembali. Mengakomodir lebih banyak diskon yang lebih banyak, lebih baik, dan lebih panjang durasinya, Harbolnas akan diadakan selama tiga hari mulai dari tanggal 10 hingga 12 Desember 2015 nanti.

- DailySocial adalah media partner program Hari Belanja Online Nasional 2015

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again