20 March 2014

by Yoga Wisesa

Micro Phone Lens 150x Akan Mengubah Smartphone Anda Menjadi Mikroskop

Memang cukup banyak produk lensa tambahan yang mampu memperluas fungsi kamera smartphone Anda. Lensa fish-eye, lensa tele hingga lensa wide-angle adalah sedikit contoh di antaranya. Namun kreasi desainer Thomas Larson terbaru dapat merealisasikan impian masa kecil kita sebagai ilmuwan dadakan dengan mengubah handset menjadi mikroskop.

Menamai proyek ini dengan Micro Phone Lens 150x, produk ini akan mengekspansi smartphone Anda menjadi mikroskop portabel dengan kemampuan zoom (bisa Anda tebak) 150 kali. Lensa tambahan ini merupakan yang pertama di kelasnya, beberapa tahun sebelumnya tim yang dipimpin Larson telah mengembangkan lensa serupa dengan kemampuan 15x zoom. Tingkat zoom 150x merupakan rekor baru.

Thomas Larson menjanjikan bahwa lensa tambahan super-mungil ini akan bekerja optimal dengan kamera bersensor lima-megapixel atau lebih. Lensa hanya berukuran 6 milimeter - bahkan lebih kecil dibandinkan lensa kontak. Resolusi produk purwarupa saat ini adalah 2 mikron, dan tim berencana akan memaksimalkannya hingga 1,5 ke 1,6 mikron pada produk jadinya.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Menghapus Cache di Mozilla Firefox

 

Pemasangannya sangat mudah. Anda hanya perlu menambatkan Micro Phone Lens ke bagian kamera perangkat Anda, apakah itu smartphone, tablet ataupun iPod terbaru. Device mungil ini juga sangat tahan banting, serta dibuat dengan material polimer platinum-catalyzed, sehingga membuat bagian lensanya anti-goresan.

Setelah memasangnya, menggunakan Micro Phone Lens 150x juga sangat mudah. Anda tidak perlu mencari fokus seperti pada mikroskop biasa. Kita hanya perlu menekan sedikit 'lembar sampel' pada lensa, metode ini lebih mudah dan intuitif dibandingkan menggunakan mikroskop konvensional.

Tim perancang berpendapat bahwa Micro Phone Lens akan sangat berguna bagi banyak orang. Karena pada dasarnya lensa ini memiliki fungsi mikroskop biasa, lensa tambahan ini bisa digunakan di rumah atau di sekolah sebagai perangkat edukasi tanpa membutuhkan banyak biaya. Apalagi hampir kita semua sudah memiliki smartphone.

Fungsi lainnya mungkin lebih serius dan berkaitan dengan profesi. Jika Anda seorang ilmuwan dalam riset lapangan, apa yang Anda dapatkan di sini adalah sebuah mikroskop portabel.

Anda bisa langsung meneliti apapun yang Anda temukan tanpa perlu membawa-bawa sampel kembali ke lab. Produk ini bisa digunakan untuk penelitian biologis, mengindentifikasi parasit, pemeriksaan kualitas air, hingga inspeksi material industri.

 

Info menarik: Aplikasi OneNote Milik Microsoft Mendarat di Mac, Tersedia Gratis

 

Dengan tingkat zoom 150x, maka Anda bisa melihat tekstur di kaki serangga kecil dengan jelas, berbagai jenis mikroorganisme lain seperti ganggang dan amuba. Dengan perbesaran ini, Anda bisa juga melihat bakteri sebagai titik-titik kecil. Kemampuan Micro Phone Lens 150x bisa dibandingkan dengan mikroskop seharga US$ 2.224 ditambah lensa US$ 499.

Thomas Larson sendiri memang belum mengumumkan harga pasti Micro Phone Lens 150x, tapi jika Anda membantu kampanye crowdfunding mereka di Kickstarter, Anda bisa mendapatkan lensa tambahan (dan casing-nya) seharga US$ 29. Dengan US$ 50, Anda akan mendapatkan satu paket penuh berupa lensa, casing, lampu tambahan, enam buah spesimen dan 10 slide kosong untuk meneruskan 'petualangan mikro' Anda.