1. Lifestyle

Microsoft dan Code.org Ajak Kita Belajar Coding Lewat Minecraft

Sajikan tutorial bertema Minecraft untuk kampanye Hour of Code

Pada 7 - 13 Desember 2015 mendatang, kampanye Hour of Code yang ketiga akan diselenggarakan secara resmi. Sejauh ini sudah ada ratusan ribu event yang direncanakan oleh berbagai pihak di seluruh dunia. Idenya adalah, selama sepekan itu, semua orang tanpa batasan umur bisa berkenalan dengan dasar-dasar ilmu komputer.

Akan tetapi kita sebenarnya tidak harus menunggu kampanye tersebut dimulai untuk bisa belajar seputar pemrograman komputer. Tutorial-tutorial yang disajikan di Hour of Code sudah bisa Anda akses secara online melalui fasilitas yang dikembangkan oleh organisasi non-profit Code.org. Bahkan yang terbaru, Code.org menggandeng Microsoft untuk menyuguhkan tutorial bertema Minecraft.

Tutorial tersebut sudah bisa Anda akses sekarang juga di https://code.org/mc. Dalam tutorial yang dirancang untuk usia 6 ke atas ini, Anda akan 'bertualang' bersama dua karakter dari Minecraft, yakni Steve dan Alex, dalam mempelajari dasar-dasar pemrograman komputer.

Minecraft sendiri dipilih karena image-nya yang sangat positif di mata generasi muda. Mereka nantinya akan menyusun blok demi blok dengan sistem drag-n-drop untuk menghasilkan kode Javascript. Secara total ada 14 tantangan yang bisa diselesaikan, termasuk halnya waktu bebas untuk mengeksplorasi konsep coding yang telah mereka pelajari.

Menurut perwakilan tim pengembang Minecraft, konsep coding yang diajarkan merupakan konsep yang benar-benar diterapkan dalam pengembangan game Minecraft itu sendiri. Jadi tutorial ini bukan semata mengangkat tema Minecraft untuk menarik minat saja, tetapi benar-benar mengajarkan konsep dasar pemrograman yang dipakai.

Kalau Anda punya murid, keponakan atau anak yang suka bermain Minecraft – atau malah Anda sendiri – silakan ajak mereka menjajal langsung tutorial ini di situs resmi Code.org. Paling tidak setelah mencoba, mereka mungkin bakal tertarik mendalami ilmu komputer secara lebih merinci.

Sumber: Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again