11 August 2015

by Glenn Kaonang

Microsoft Rilis Windows 10 untuk Perangkat Internet of Things

Saat mengumumkan Windows 10 bulan Oktober tahun kemarin, salah satu visi yang diusung adalah menyematkan sistem operasi anyar tersebut ke semua perangkat yang ada. Kini, belum lama setelah merilis Windows 10 versi PC dan tablet, Microsoft menghadirkan Windows 10 yang ditujukan khusus untuk perangkat-perangkat Internet of Things (IoT).

Dinamai Windows 10 IoT Core, sistem operasi ‘ringan’ ini dirancang agar bisa di-install ke perangkat-perangkat yang ditenagai oleh motherboard mini macam Raspberry Pi 2 atau MinnowBoard Max, tidak peduli apakah perangkat tersebut mempunyai layar atau tidak.

Meski ditujukan buat perangkat yang berbeda, Windows 10 IoT Core masih bisa menjalankan aplikasi universal yang diciptakan untuk Windows 10 versi ‘standar’. Pihak developer hanya perlu menambahkan sedikit kode agar aplikasi buatannya bisa berjalan di Windows 10 IoT Core.

Windows 10 IoT Core sendiri sebenarnya pertama diperkenalkan pada ajang BUILD 2015 yang lalu. Namun pada saat itu kemampuannya masih terbatas, seperti misalnya belum adanya dukungan koneksi Wi-Fi maupun Bluetooth.

Info menarik: Bagan Upgrade Windows 10 dan Informasi Lain Seputar Sistem Operasi Terbaru Microsoft

Lalu apa saja kelebihan Windows 10 IoT Core sekarang di samping hadirnya dukungan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth? Banyak, tapi yang pasti sistem operasi ini ditujukan untuk menyempurnakan sistem otomatisasi dari bermacam perangkat IoT.

Salah satu yang sangat menarik adalah dukungan teknologi Face Recognition. Jadi misalnya, sebuah perangkat smart lock yang ditenagai OS ini dan disertai sebuah kamera dapat membukakan pintu secara otomatis ketika ia mengenali wajah Anda di hadapannya.

Windows 10 IoT sekarang sudah tersedia untuk semua kalangan melalui Dev Center. Kalau Anda suka mengoprek Raspberry Pi 2, Anda bisa langsung mencoba Windows 10 IoT Core sekarang juga.

Sumber: Windows Blog. Gambar header: Windows 10 via Shutterstock.