1. Startup

Mirror Macports Kini Tersedia di Indonesia

Editorial note's:Muhammad Sumyandityo Noor, yang lebih dikenal dengan Didiet kembali menuliskan artikel dalam Guest Post kali ini. Sebuah artikel singkat tentang kabar bagi developer dan pengguna Macports di Indonesia.

Berita bagus untuk developer dan pengguna Macports di Indonesia. Macports distribution files sekarang mempunyai mirror di Indonesia, tepatnya di PPTIK UGM Yogyakarta, dengan alamat mirror yang sudah secara resmi ditambahkan di upstream macports jika sudah di-update. Silahkan lakukan update dengan cara mengetik command 'sudo port selfupdate' di terminal. Pastikan Macports sudah ter-install dengan membaca petunjuk download dan instalasi.

Macports, sebelumnya bernama DarwinPorts, adalah sebuah sistem distribusi software yang memudahkan instalasi software-software Free/Open Source untuk platform Mac OSX yang serupa dengan apt-get di Debian/Ubuntu atau ports di FreeBSD. Software open source ini akan diunduh dan di-compile sesuai dengan arsitektur komputer yang dipunyai pengguna. Macports didukung oleh Apple Inc. dan komunitas pengembangnya. Bahkan di dalam developer documentation ada artikel dan tutorial-nya.

Usaha mirroring dimulai dengan melakukan mirroring yang dibantu oleh Staff PPTIK UGM, Yudha Nugrahadi, kemudian saya melakukan patch ke macports yang di-submit ke Trac yang kemudian di follow-up oleh maintainer Macports, ditambahkan sebagai mirror distfiles.

Semoga pelokalan Macports ini membantu bagi developer dan pengguna Mac OS X yang menggunakan Macports di Indonesia.

Muhammad Sumyandityo Noor, lebih dikenal dengan Didiet. CTO Onebitmedia Web & Mobile Agency dan Producer di GuavaGames. Terjun di industri animasi dan game sejak 2006, merupakan Lead Developer di salah satu licensor game online korea di Indonesia dari tahun 2007-2010. Kini tinggal di Yogyakarta. Follow him on twitter @lynxluna.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again