17 November 2015

by Glenn Kaonang

Gandeng HP, Brand Arloji Swiss Movado Perkenalkan Smartwatch Perdananya

Andalkan aspek minimalis dalam kemasan yang mewah dan elegan

2015 adalah tahunnya smartwatch buatan Swiss. Sebelumnya, kita sudah melihat Fossil mengungkap smartwatch perdananya. Lalu ada Tag Heuer Connected yang dikembangkan secara langsung bersama Intel dan Google. Kini brand arloji Swiss lainnya, Movado, ikut meramaikan kancah smartwatch dengan berkolaborasi bersama HP.

Dinamai Movado Bold Motion, smartwatch ini mengandalkan kesederhanaan di atas segalanya. Desain unisex-nya banyak dipengaruhi oleh lini arloji analog Movado Bold, dan layar milik smartwatch ini pun juga bukan touchscreen.

Fisik Bold Motion sepintas tampak sangat elegan, suatu ciri khas yang selalu dipertahankan oleh pabrikan jam tangan asal Swiss. Case-nya berukuran 44 mm dan terbuat dari material stainless steel, diamankan oleh strap berbahan silikon. Smartwatch ini mengusung pergerakan quartz, dan dirancang dengan ketahanan air hingga 50 meter.

HP sendiri bertugas untuk menyelipkan fitur-fitur pintar ke dalam Movado Bold Motion. Ini sebenarnya bukan pertama kali HP diserahi tanggung jawab untuk 'mencerdaskan' sebuah arloji. Mereka sebenarnya punya program bernama Engineered by HP yang bertujuan menyematkan teknologi ke dalam produk-produk fashion. Salah satu hasilnya adalah smartwatchMichael Bastian Chronowing yang diperkenalkan tahun lalu.

Kembali ke Bold Motion, ada dua fitur utama yang ditawarkan: meneruskan notifikasi serta memonitor aktivitas fisik. Dalam meneruskan notifikasi, Bold Motion akan memanfaatkan pancaran cahaya LED dan getaran yang bisa diatur polanya melalui aplikasi pendamping di smartphone.

Soal activity tracking, sayangnya Bold Motion hanya bisa menghitung jumlah langkah kaki saja. Entah mengapa pabrikan arloji asal Swiss sepertinya enggan menyematkan sensor laju jantung, seperti yang bisa kita lihat dari Tag Heuer Connected maupun Movado Bold Motion ini.

Tapi Movado sendiri tampaknya akan membela diri dengan mengatakan bahwa aspek minimalis sudah menjadi DNA mereka sejak lama. Dan dalam kasus Bold Motion, argumen tersebut sepertinya sulit untuk dipatahkan – menambah fitur jelas menambah kompleks smartwatch, yang berpotensi membuat konsumen kebingungan.

Bold Motion memanfaatkan konektivitas Bluetooth untuk menyambung ke smartphone, baik Android maupun iOS. Smartwatch ini ditenagai oleh baterai rechargeable yang diklaim bisa bertahan selama satu minggu penuh.

Movado Bold Motion rencananya akan segera dipasarkan menjelang musim liburan akhir tahun ini. Harganya dipatok mulai $695 sampai $795. Mahal memang, tapi begitulah kodrat arloji Swiss yang kita tahu.

Sumber: PR Newswire dan Engadget.