10 November 2015

by Bambang Winarso

Panasonic Resmi Umumkan Laptop Tangguh Baru, ToughBook 20

Panasonic ToughBook 20 dibekali layar 10,1 inci WUXGA 800 nit, Windows 10 Pro dan Prosesor Intel Core m5-6Y57 vPro

Produsen perangkat papan atas, Panasonic kembali membuat gebrakan dengan memperkenalkan varian laptop 2-in-1 tangguh baru, ToughBook 20. Dari labelnya, laptop selebar 10,1 inci ditugaskan untuk mampu bekerja di medan yang tak bersahabat.

Berdasarkan penjelasan yang diberikan melalui rilis tertulisnya, Panasonic ToughBook 20 adalah laptop 2-in-1 tangguh pertama yang dilengkapi dengan keyboard dan layar yang bisa dilepas. Desainnya dirancang mendukung portabilitas, di mana saat keyboard dilepas ia akan menjelma menjadi tablet, tahan terhadap situasi ekstrim dan berbagai tantangan kerja yang keras.

ย 

Panasonic ToughBook 20 dilengkapi kemampuan anti debu, anti air (IP65) dan teknologi layar yang memungkinkan tetap bekerja meski menerima input dari jari yang terbungkus sarung tangan. Demi kemudahaan penggunaan di berbagai situasi, Panasonic juga memberikan tambahan kick-stand untuk berdiri dan pegangan yang dapat diputar. Memberikan genggaman yang kokoh saat dituntut menggunakan perangkat di luar ruangan.

Di balik sosoknya yang tangguh, Panasonic ToughBook 20 mempunyai sederet komponen jeroan yang dipilih tentu dengan berbagai pertimbangan khusus. Terutama agar kemampuannya sesuai dengan kesan โ€œtangguhโ€ yang ditangkap calon pembeli.

Untuk itu Panasonic membenamkan prosesor Intel Core m5-6Y57 vPro dengan nilai TDP hanya 4,5w, artinya ia tidak hanya menjanjikan performa yang cepat tapi juga efisiensi yang baik. Paduannya ada grafis Intel HD Graphics 515, RAM 8GB dan penyimpanan seluas 128GB SSD serta sistem operasi Windows 10 Pro. Khusus untuk sistem operasi, Panasonic menawarkan opsi OS Windows 7 Professional jika diinginkan oleh pelanggan.

Menyempurnakan segenap kemampuan yang sudah ada, Panasonic menambahkan keyboardbacklit yang dapat digunakan di kondisi gelap. Walaupun layar laptop sebenarnya juga sudah mendukung fitur keyboard on-screen sebagai alternatifnya. Di bagian paling belakang ada baterai dengan kapasitas 2600mAh.

Hebatnya, Panasonic ToughBook 20 juga menawarkan opsi tambahan seperti GPS dan 4G LTE, di samping teknologi SmartCard, magstripe dan pembaca barcode. Dan jika pengguna membutuhkan fitur keamanan, Panasonic sudah memikirkannya terlebih dahulu dengan menawarkan dukungan pemindai sidik jari yang bisa ditambahkan.

Dikutip dari BusinessWire, Panasonic Toughbook 20 akan mulai tersedia pada bulan Februari 2016 di reseller resmi Panasonic dengan banderol mulai $3.099 atau di kisaran Rp 42 juta-an (kurs Rp 13.600).

Sumber berita Panasonic.