20 November 2015

by Yoga Wisesa

Peralatan Rumah Tangga Aqua Hadir di Indonesia Untuk 'Mendobrak Tradisi Lama'

Mereka memperkenalkan lemari es berpanel HD, mesin cuci portable, kulkas robot R2-D2, serta alat pembersih baju tanpa air.

Brand-brand semisal Samsung, LG, sampai Sanyo boleh jadi merupakan acuan standard konsumen saat mereka mencari produk peralatan elektronik rumah tangga. Meski demikian, banyak nama baru bermunculan, membuat persaingan jadi semakin seru. Dan ada satu merek asal Jepang yang patut diperhitungkan belum lama ini melakukan pendaratan di Indonesia.

Mengangkat tema delivering possibilities, Aqua resmi menghadirkan produk-produk rumah tangga unik yang mungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya melalui konferensi pers pada tanggal 19 November 2015 di Hotel Pullman Central park. Dalam langkah perdananya ini, Aqua membawa lima produk, terdiri atas mesin cuci, kulkas, dan satu persembahan bagi penggemar Star Wars.

Lewat press release, Yoshiaki Ito selaku CEO dan president menjelaskan blak-blakan bahwa saat ini industri home appliance berada di titik membosankan. Produk disajikan secara seragam, terutama dari segi ide. Aqua memiliki visi untuk menawarkan gagasan-gagasan baru demi 'mewujudkan segala kemungkinan pada konsumen' dan 'konsisten mendobrak tradisi yang ada sembari fokus pada kebutuhan dan keinginan pengguna'.

Memang seberapa unik produk Aqua? Ambil Digi sebagai contohnya. Ia adalah sebuah kulkas, tapi bukan lemari es biasa. Digi ialah kulkas yang memiliki layar HD di pintunya serta didukung platform Android. Aqua belum menjelaskan kapabilitas lengkapnya di lembar rilis, namun sepertinya Digi mampu memberikan kita informasi mengenai persediaan makanan, dan Anda bisa menampilkan konten display berbeda - termasuk animasi screensaver.

Demi merayakan penayangan film Star Wars: The Force Awakens, Aqua juga menciptakan kulkas mobile berbentuk robot R2-D2. Kemampuannya hampir mendekati sang droid astromech milik keluarga Skywalker: berjalan, memutar kepala, mengeluarkan suara-suara khas R2, serta memproyeksikan video.

Untuk perangkat bersih-bersih, Aqua sudah menyiapkan tiga produk: Clear, Coton dan Racoon. Penyajian Clear cukup umum, tapi dedesain secara artistik dan transparan. Ia akan menjadi mesin cuci unggulan yang Aqua bawa ke lini terdepan perabotan rumah tangga.

Penyuguhan Coton cukup bertolak belakang dari Clear. Meski sama-sama berfungsi membersihkan pakaian, Coton adalah mesin cuci portable yang dapat digenggam. Berbentuk tabung, ia cuma membutuhkan satu sendok air, membasuh area pakaian dengan denyutan halus sebanyak 700 kali per menit.

Ingin benar-benar menghemat air? Sebaiknya gunakan Racoon. Ia diklaim sebagai mesin cuci tanpa air pertama di dunia, memanfaatkan gas khusus. Racoon sangat cocok untuk membersihkan wol, kulit, dan sutra - bahan apapun yang tidak boleh dicuci mesin, terkena air atau deterjen.

Tidak ada kabar soal waktu ketersediaan di press release, namun saya berasumsi, produk Aqua akan tiba di pasar dalam waktu dekat.