1. Startup

Proyek Palapa Ring Tetap Berjalan Meski Ada Project Loon

Menkominfo Rudiantara memastikan Palapa Ring adalah bagian vital rencana realisasi proyek pitalebar Indonesia

Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi beserta rombongan melangsungkan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Salah satu “oleh-oleh” dari kunjungan tersebut adalah uji coba teknis Project Loon yang akan mengudara di Indonesia bekerja sama dengan XL, Indosat, dan Telkomsel. Tujuan proyek ini hampir mirip dengan proyek Palapa Ring yang digagas pemerintah beberapa waktu lalu. Meski demikian Menkominfo Rudiantara mengaku adanya Project Loon di Indonesia tidak mengganggu proyek Palapa Ring yang masih terus dikerjakan.

Seperti kita ketahui bersama sebelumnya Google telah menemukan kata sepakat dengan tiga operator Indonesia untuk menggelar uji coba teknis Project Loon. Google dan tiga operator telekomunikasi tersebut akan membawa “balon internet” melintasi wilayah Indonesia pada tahun 2016 mendatang.

Anggapan Project Loon akan berpengaruh pada kelanjutan pengerjaan proyek Palapa Ring langsung ditepis Rudiantara. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rudiantara mengungkapkan bahwa proyek Palapa Ring tidak akan terganggu dengan adanya Project Loon ini.

“Palapa Ring tidak akan terhambat dan tak ada masalah sama sekali dengan adanya Loon Google (Project Loon). Palapa Ring itu bagian dari rencana pitalebar Indonesia. Kalau Loon sama saja seperti BTS yang mengudara dan jadi subset dari operator. Operator seluler itu punya banyak BTS, katakanlah ada yang supply dari vendor A, vendor B, dan vendor C. Anggap saja Loon ini vendor F," ujar Rudiantara.

Masih dari sumber yang sama Rudiantara juga mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini mendukung aspek keterbukaan bagi setiap kesempatan dan opsi teknis apapun yang berdampak positif bagi percepatan akses, khususnya Internet di Indonesia.

Sebelumnya beberapa waktu lalu pemerintah telah mengagas proyek Palapa Ring. Dikutip dari situs resmi Kominfo, Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi yang akan menghubungkan seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer melalui serat optik. Palapa Ring ini nantinya, jika berhasil terealisasikan, akan menjadi jalur utama penyelenggara telekomunikasi dan jasa telekomunikasi di Indonesia. Semua demi akses Internet Indonesia yang lebih baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again