30 November 2015

by Yoga Wisesa

Razer dan Lenovo Kolaborasi Untuk Ciptakan Jajaran Gaming PC Baru

Selain dari yang telah diungkap oleh Razer dan beberapa buah gambar, info mengenai produk tersebut masih sangat minim.

Meski saat ini Lenovo boleh berbangga karena menempati posisi teratas dalam pejualan PC, gaming bukanlah ranah terkuat mereka. Beberapa model IdeaPad Y memang diklaim sanggup menangani permainan, namun nama mereka masih beberapa langkah di belakang RoG atau MSI. Ingin bermanuver di lini tersebut secara lebih leluasa, sebuah strategi menarik diambil oleh produsen asal Beijing itu.

Memanfaatkan momen DreamHack Winter 2015 di Swedia sebagai batu lompatannya, Lenovo mengumumkan kolaborasi bersama Razer untuk menggarap jajaran gaming PC desktop anyar. Keputusan itu didorong oleh visi buat 'merevolusi perangkat gaming', di mana proses branding dan marketing dilakukan oleh kedua tim. Menariknya lagi, program kooperatif ini kemungkinan tak cuma melahirkan perangkat komputer, tapi juga produk periferal baru.

Razer menjelaskan bahwa kerja sama tersebut meliputi penggabungan produksi, distribusi, serta mengombinasikan channel partner kedua perusahaan. Lenovo berperan mendesain sistem berbekal kemahiran mereka di bidang teknis, lalu Razer bertugas 'menyempurnakan pengalaman gaming'. Nantinya, penampilan PC Lenovo yang berada di bawah co-branding akan berkiblat pada desain Razer.

Di website, Razer menampilkan PC desktop tower IdeaCentre Y900 dengan kondisi yang sudah dimodifikasi. LED merah huruf Y maupun lampu mirip mata robot di bawahnya diganti warna hijau khas Razer. Kemudian terdapat sistem pencahayaan Chroma di sisi bawah, dan tentu saja kita dipersilakan mengkustomisasinya. Buat sekarang, Y series Lenovo terdiri dari dua PC desktop dan enam gaming notebook. Pertanyaannya kini, akankah semua model terpengaruh efek kolaborasi tersebut?

Razer belum memberikan informasi lebih rinci selain pengumuman sepanjang tiga paragraf yang mereka publikasi di situs resmi. Di Lenovo.com, Lenovo Y900/700 menjanjikan kapabilitas olah data dan grafis istimewa berbekal GPU Nvidia GeForce GTX, kapasitas memori dan penyimpanan yang besar, ruang luas untuk kustomisasi, dan akses mudah ke komponen hardware.

Razer dan Lenovo menjelaskan, mereka mempunyai agenda untuk menawarkan Y series Razer Edition secara ekstensif ke pasar internasional serta komunitas-komunitas gamer core. Saya berasumsi, Razer akan turut membubuhkan perangkat dengan bundel software pelengkap kreasi mereka, semisal Comms, Synapse, Surround, Cortex, Arena sampai Switchblade UI.

Untuk waktu peluncuran global Lenovo Y series Razer Edition, Razer hanya bilang akan mengeksekusinya di tahun 2016.