24 November 2015

by Oki Rosgani

Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasi Smartphone Berbentuk Flip, Samsung W2016

Smartphone ini baru tersedia secara eksklusif untuk konsumen di Tiongkok

Beberapa hari lalu, Samsung dikabarkan tengah menyiapkan smartphone Android teranyar berspesifikasi tinggi yang memiliki bentuk a la cangkang kerang (clamshell) atau yang lebih dikenal dengan istilah flip.

Smartphone yang disebut-sebut akan menjadi varian model flip dari smartphoneGalaxy S6 ini sebelumnya dikenal dengan nama kode SM-W2016. Kini pihak Samsung telah secara resmi memperkenalkan smartphone tersebut khusus untuk pasar Tiongkok, dengan nama yang sama yakni Samsung W2016.

Menurut rumor yang sebelumnya beredar, disebutkan bahwa smartphone tersebut baru akan hadir ke pasaran pada tahun 2016 mendatang, hal ini diyakini karena adanya angka '2016' yang tertera pada nama kode smartphone tersebut. Namun nyatanya, kini pihak Samsung telah resmi merilis smartphone tersebut walau hanya baru tersedia secara ekslusif untuk para pengguna di kawasan Tiongkok dan belum ada informasi detail mengenai harga jual untuk produk smartphone tersebut. Bisa jadi meski telah resmi diperkenalkan, ketersediaan tetap akan dihadirkan tahun depan.

Samsung W2016 hadir dengan spesifikasi mumpuni Spesifikasi yang disematkan pada smartphone ini mirip dengan spesifikasi yang juga hadir pada smartphone Galaxy S6, smartphone ini sama-sama diotaki dengan proses octa-core Exynos 7420 64-bit yang dapat 'digeber' hingga kecepatan 2.1 GHz, serta dukungan modul grafis Mali-T760MP8 dan RAM sebesar 3GB. Faktor inilah yang ditenggarai menjadi alasan kenapa ia disebut-sebut sebagai varian model lipat dari smartphone Samsung Galaxy S6.

Dengan mengusung faktor bentuk model flip, smartphone Samsung W2016 hadir dengan dua buah layar HD Super AMOLED berukuran 3.9 inci yang mampu menampilkan resolusi 1280 x768 piksel. Dua buah layar yang nangkring di bagian luar dan bagian dalam smartphone tersebut dibalut dengan kaca Gorilla Glass 4 yang mampu menahan benturan dan goresan.

Di sisi kamera, ia hadir dengan modul lensa berkemampuan 16 megapiksel yang memiliki aperture f/1.9, lensa pada kamera utama ini juga memiliki fitur auto-focus dan OIS (optical image stabilization) yang mampu meredam goncangan untuk menghilangkan efek blur pada foto, kamera ini juga disebutkan mampu merekam video berkualitas 4K. Sedangkan kamera yang berada di bagain depan hadir dengan modul lensa 5 megapiksel yang digunakan foto selfie atau melakukan video calling.

Sama seperti smartphone Galaxy S6, smartphone ini menggunakan body berbahan metal dengan desain sudut yang dibuat lebih membulat, Samsung telah meramu material dan desain sehingga perangkat ini terkesan lebih elegan dan premium.

Smartphone yang berjalan dengan sistem operasi Android 5.1.1 ini juga memiliki kemampuan untuk terhubung dengan jaringan 4G LTE, Bluetooth 4.0, fitur GPS baik AGPS maupun GLONASS, FM Radio, serta WiFi. Sayangnya, pihak Samsung hanya melengkapi smartphone ini dengan baterai berkapasitas 2,000 mAh, jika dibandingkan dengan fitur dan kemampuannya, kapasitas baterai sebesar ini boleh dibilang terlalu pas-pasan, terlebih bahwa W2016 hadir dengan dua buah layar Super AMOLED berukuran 3.9 inci yang akan cukup rakus dalam mengkonsumsi baterai.

Namun begitu, smartphone Samsung W2016 tetap menjadi menarik, terlebih karena ia memiliki desain retro model flip yang kerap disukai oleh pengguna kaum hawa di kawasan Asia.

Sumber: Softpedia, NDTV