6 November 2015

by Glenn Kaonang

Semua Video di YouTube Kini Bisa Ditonton dalam Mode Virtual Reality

Terdapat tombol baru berlabel "Cardboard" untuk mengaktifkan mode VR kapan saja pengguna mau

Kabar menggembirakan datang bagi para pengguna VR headset, khususnya Google Cardboard: Anda kini tak perlu khawatir bakal kehabisan konten virtual reality. Kok bisa? Karena pada dasarnya semua video yang ada di YouTube mulai sekarang bisa dinikmati dalam mode virtual reality, bahkan jika video tersebut bukanlah video 360 derajat.

Jadi sekarang di setiap video akan muncul tombol "Cardboard" di sebelah tombol Captions dan Quality. Saat Anda tap tombol tersebut, maka video standar yang tengah diputar akan tampak terbagi menjadi dua. Selanjutnya, Anda tinggal menyelipkan smartphone ke dalam Cardboard, dan video pun siap Anda nikmati.

Untuk video 360 derajat yang memang dibuat agar bisa dinikmati dengan VR headset, YouTube pun kini siap memberikan pengalaman yang lebih sempurna. Jadi ketika Anda memutar salah satu video yang terdapat dalam playlist ini, Anda akan menemukan sebuah icon Cardboard tepat di sebelah icon untuk membuat video jadi fullscreen.

Tapicon tersebut, maka video lagi-lagi akan dibagi menjadi dua. Tapi berhubung video tersebut adalah video 360 derajat, Anda pun bisa menggerakkan kepala untuk melihat apa yang terjadi dari segala sudut.

Mode virtual reality ini sekarang sudah bisa dinikmati di versi terbaru aplikasi YouTube untuk Android. Pengguna perangkat iOS tak perlu buru-buru kecewa. Besar kemungkinan Google juga akan mendatangkan dukungan mode VR ke aplikasi YouTube di iOS, sebab generasi kedua Google Cardboard telah dirancang agar kompatibel dengan perangkat iOS.

Sumber: YouTube Blog. Gambar header: YouTube via Shutterstock.