1. Lifestyle

Seribu Orang Programmer 'Keroyokan' Dukung Pengembangan Aplikasi LibreOffice Sejak Awal

Sejak dirilis pada bulan September 2010 lalu, jumlah tambahan programmer yang berkontribusi pada LibreOffice rata-rata16 orang tiap bulannya

Kendati tidak sepopuler Microsoft Office, aplikasi perkantoran besutan The Document Foundation,LibreOffice telah menjadi salah satu aplikasi alternatif yang digunakan di lingkungan perkantoran dan personal sebagai aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan pengolah presentasi.

Yang menjadi menarik, aplikasi LibreOffice merupakan aplikasi Open Source, yang artinya ia bisa digunakan, dimodifikasi dan di-distribusikan secara open oleh penggunanya tanpa dikenakan biaya lisensi apapun.

Berbicara soal modifikasi, aplikasi open source atau aplikasi dengan 'sumber terbuka' memungkinkan bagi siapa saja untuk melakukan perubahan dan perbaikan terhadap kode sumber dari aplikasi tersebut, sehingga para pengguna yang memiliki kemampuan untuk memodifikasi aplikasi tersebut bisa turut serta dalam pengembangannya.

LibreOffice baru saja mengumumkan melalui laman blog resmi mereka bahwa per bulan Oktober 2015 lalu pihaknya telah memiliki 1,000 orang programmer yang telah membantu melakukan pengembangan aplikasi LibreOffice sejak aplikasi perkantoran besutannya itu dirilis ke publik pada September 2010 lalu, sedikitnya ada 16 programmer baru yang datang tiap bulan untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan aplikasi LibreOffice tersebut. Meski demikian, berdasarkan SoftPedia, saat ini sedikitnya ada 1000 pengembang yang terlihat dalam pengembangan aplikasi LibreOffice.

LibreOffice juga akan tersedia untuk dapat digunakan pada platformmobile dan juga cloud, (baca juga:Aplikasi LibreOffice siap hadir dalam versi online). Saat ini, selain tersedia untuk platform Linux,  aplikasi LibreOffice juga telah tersedia untuk digunakan di lingkungan Windows dan juga MacOS.

Jan Iversen adalah salah seorang programmer senior yang sebelumnya juga aktif dalam mengembangkan aplikasi Apache Software Foundation telah bergabung untuk memberikan kontribusinya dalam mengembangkan aplikasi LibreOffice. Selain menjadi programmer senior, Jan juga akan memberikan mentoring serta pelatihan bagi para programmer baru untuk bisa terus berkarya dalam pengembangan aplikasi perkantoran yang digadang-gadang akan bisa bersaing dengan aplikasi Microsoft Office itu.

Menjelang dirilisnya aplikasi LibreOffice versi 5.1 pada tanggal 1 Februari 2016 mendatang, kini para programmer tersebut tengah berupaya untuk membuat aplikasi LibreOffice benar-benar stabil dan bisa digunakan di lingkungan yang lebih profesional.

Artikel terkait:Cara Install Aplikasi LibreOffice 4.4 di Linux Aplikasi LibreOffice Siap hadir Dalam Versi Online

Gambar Header: LibreOffice.org

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again