24 November 2015

by Yoga Wisesa

Setelah Movado, HP Berkolaborasi Dengan Titan Untuk Ramu Smartwatch

Belum ada info detail, tapi seperti produk Engineered by HP lain, HP akan fokus pada modul hardware, software dan UI.

Terhitung ada 8,9 juta unit smartwatch terjual di tahun 2014, dan meskipun namanya tidak sepopuler brand rival, Hewlett-Packard dilaporkan mulai berkecimpung di bidang pengembangan produk wearable sejak dua tahun silam. Belum lama, HP diketahui menggandeng Movado. Dan tampaknya, langkah mereka bermanuver di pasar smartwatch tidak berhenti sampai di sana.

Sang perusahaan IT Palo Alto itu mengumumkan bahwa kali ini mereka berkolaborasi dengan Titan untuk menggarap smartwatch. Titan adalah produsen jam terbesar kelima di dunia asal India. Proyek itu merupakan sebuah perluasan dari program Engineered by HP, sebuah prakarsa untuk menyuguhkan device wearable yang produktif dan responsif, namun tidak mengganggu pengguna.

Meskipun kedua perusahaan memublikasi press release masing-masing, mereka belum mengungkap info produk lebih detail. Yang jelas, device akan dipasarkan secara global, tak cuma di India. CEO Titan S. Ravi Kant mengklaim, kreasi mereka 'akan mengubah pandangan konsumen terhadap seni pembuatan arloji'. Dan Titan yakin, HP akan membantu mereka meraih pencapaian baru sebagai perusahaan lifestyle.

Penuturan Kant selanjutnya memberi gambaran bagaimana smartwatch benar-benar menitikberatkan rancangan, sehingga konsumen tak lagi perlu memilih antara tradisi dan teknologi dengan mengorbankan salah satunya. Sang CEO bilang, "Pengguna dipersilakan mengenakan jam tangan cantik yang dibubuhkan teknologi pintar dalam era kemudahan akses serta konektivitas ini."

HP berperan untuk mengembangkan modul hardware, software dan user interface, termasuk menyediakan servis cloud - seperti merek smartwatch Engineered by HP lain. Ia kompatibel ke perangkat Android (4.4+) dan iOS (8+), dan turut didukung aksesori-aksesori pelengkap dari HP. Titan sendiri akan fokus pada desain dan penampilan, serta bertanggung jawab dalam proses produksi.

"Engineered by HP ialah upaya menciptakan kembali pengalaman yang konsumen dapatkan dari menggunakan aksesori sehari-hari, dengan membuat objek normal jadi lebih pintar melalui pendekatan desain, material dan teknologi," kata GM Wearables and Smart Platforms HP, Sridhar Solur. "Hal tersebut dilakukan demi memastikan orang-orang tetap terhubung."

Titan mengabarkan bahwa peluncuran smartwatch anyar tersebut segera dilakukan di tahun ini juga. Dan kita hanya punya satu bulan lagi sebelum 2015 berakhir.

Sumber: HP & Titanworld.com. Gambar header adalah Titan Edge.