1. Startup

SingTel Group dan Samsung Jalin Kerja Sama Strategis

SingTel Group mengumumkan kolaborasi strategis dengan produsen ponsel terbesar Samsung untuk  meningkatan sisi kompetitif perusahaan-perusahaan di bawah naungan SingTel dan pengalaman pengaksesan Internet melalui mobile. Kerja sama tersebut mencakup berbagai entitas SingTel, yaitu SingTel di Singapura, Optus di Australia, Telkomsel di Indonesia, AIS di Thailand, Airtel di India dan Afrika, dan Globe Telecom di Filipina.

Menurut rilis persnya, ada sejumlah area yang disasar oleh kerja sama ini. Khusus untuk Telkomsel, ada empat inisiatif yang bakal diterapkan dalam waktu dekat sebagai hasil kolaborasi ini. Hal pertama yang bakal dilakukan adalah fasilitas direct billing toko aplikasi khusus Samsung Apps, baik untuk pelanggan prabayar dan pascabayar. Dengan fasilitas ini, konsumen memiliki pilihan saat membeli aplikasi berbayar dan tak harus menggunakan kartu kredit.

Berikutnya adalah dukungan Samsung terhadap program pengembangan ekosistem startup di ranah mobile -- SingTel telah memiliki program Innov8 selama beberapa waktu, sementara Telkomsel memiliki program TemanDev. Kerja sama ini akan membantu penjualan aplikasi terpilih (termasuk melalui Samsung Apps) dan memperluas jangkauan penjualan aplikasi secara regional.

Inisiatif selanjutnya adalah adanya aplikasi dan layanan mobile lokal khusus yang bisa diperoleh saat penjualan Samsung Galaxy S5, tanpa perlu lagi mengunduh. Pelanggan Telkomsel yang membeli smartphone Samsung terbaru tersebut seharusnya bakal memperoleh sejumlah aplikasi lokal, kemungkinan besar dimasukkan secara pre-loaded. Yang terakhir adalah kerja sama ritel, di mana toko Samsung bakal menyediakan paket komunikasi Telkomsel untuk pembelian smartphone mid-to-high end.

CEO Telkomsel Alex J. Sinaga dalam rilis persnya menyebutkan, "Untuk konsumen Telkomsel, kerja sama ini akan menandai perubahan besar tentang bagaimana konsumen membeli ponsel dan aplikasi; hal ini tentu saja bakal membantu Telkomsel menjadi yang terdepan dibanding kompetitornya dan mengantarkan pengalaman gaya hidup mobile digital yang terbaik untuk konsumen kami."

Sementara DJ Lee selaku President dan Head of Global Sales and Marketing of Mobile Communications Business Samsung Electronics tentang kerja sama yang dengan grup operator yang menjangkau 500 juta konsumen mengatakan, "Kerja sama unik dengan SingTel Group sangat penting bagi kami untuk meraih pengguna yang lebih luas di pasar tempat kami beroperasi. Samsung, bersama dengan SingTel Group, grup operator yang visioner, bertujuan membawa produk dan layanan yang lebih lengkap untuk konsumen kami."

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again