28 November 2015

by Oki Rosgani

Smartphone Windows 10 Mobile Tertipis Ini, Lahir dari Jepang

Dengan ketebalan hanya 6.9mm, smartphone ini kalahkan ketebalan duo smartphone Lumia 950

Nama Yamada Denki mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian pengguna smartphone di tanah air, namun ia adalah salah satu perusahaan elektronik ternama asal Jepang yang telah berdiri sejak 1983. Namanya mencuat lantaran ia baru saja merilis smartphone Windows 10 Mobile tertipis, smartphone yang mengusung nama 'Every Phone' itu hanya memiliki ketebalan 6.9 mm saja.

Dengan ketebalan tersebut, smartphone teranyar besutan Yamada Denki ini telah mengalahkan smartphoneLumia 950 dan Lumia 950 XL besutan Microsoft yang masing-masing memiliki ketebalan 8.2 mm dan 8.1 mm, dimana sebelumnya duo smartphone Lumia tersebut menjadi smartphone  Windows 10 Mobile tertipis yang ada di pasaran saat ini.

Smartphone 'Every Phone' yang memiliki dimensi 154.8 x 78.6 x 6.9mm dan bobot 138.6 gram itu hadir meramaikan ranah smartphone di segmen mid-range, ia ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau dengan banderol ¥ 39,800 atau setara dengan US$ 325 per-unitnya (harga sebelum pajak).

Smartphone yang akan dijual secara ekslusif untuk pasar Jepang itu hadir dengan bentang layar 5.5 inci beresolusi hingga 720 piksel, ia diotaki dengan prosesor Snapdragon 410 quad core, didukung dengan RAM sebesar 2 GB serta media penyimpanan internal sebesar 32GB, smartphone  ini juga memiliki dukungan untuk bisa terhubung dengan jaringan 4G LTE.

Produk yang memiliki tagline Ultimate Business Phone itu digadang-gadang akan menjadi smartphone yang menyasar pengguna di kalangan bisnis, ia juga hadir dengan kamera utama bermodul lensa 13 megapiksel di bagian belakang ditemani dengan dua buah lampu kilat LED dan kamera depan dengan kemampuan 5 megapiksel.

Sedangkan untuk proses pengoperasian sehari-harinya, smartphone ini telah ditenagai dengan baterai berkapasitas 2,600 mAh yang diklaimnya mampu untuk memberikan catu daya selama satu hari penuh dalam penggunaan standar.

Selain memasarkan smartphone ini di situs resmi mereka sendiri, pihak Yamada Denki telah menggandeng sejumlah retailer untuk memasarkan smartphone ini pada tanggal 28 November 2015. Sayangnya, belum ada kabar pasti apakah smartphone ini akan mulai tersedia untuk pasar di luar Jepang.

Sumber: WMPowerUser | Gambar Header: Yamada Denki