13 November 2015

by Glenn Kaonang

Smartwatch Android Wear Ke Depannya Bisa Menyambung ke Jaringan LTE

Diperlukan hardware baru untuk bisa menikmati konektivitas seluler

Untuk bisa menikmati segala fitur yang ditawarkan, smartwatch Android Wear selama ini harus selalu terhubung ke smartphone lewat Bluetooth, atau paling tidak tersambung ke jaringan Wi-Fi. Hal itu jelas membuat smartwatch terasa kurang fleksibel bagi sebagian orang, terutama ketika mereka tanpa sengaja kelupaan membawa smartphone-nya.

Namun Google sekarang punya solusi yang cukup jitu. Mereka secara resmi memperkenalkan dukungan konektivitas seluler untuk Android Wear. Dukungan ini hadir bersamaan dengan dimulainya pemasaran LG Watch Urbane 2 yang diperkenalkan sekitar sebulan yang lalu.

Tapi pemilik smartwatch Android Wear tidak bisa berlega hati secepat itu. Pasalnya, fitur konektivitas seluler ini membutuhkan dukungan hardware yang tepat. Atau dengan kata lain, Anda butuh smartwatch Android Wear baru yang benar-benar bisa diisi kartu SIM. Dan sejauh ini, baru ada satu smartwatch yang dibekali kemampuan tersebut, yakni LG Watch Urbane 2 tadi.

Dengan adanya konektivitas seluler, smartwatch Android Wear nantinya tetap bisa mengaktifkan berbagai fitur, mulai dari chatting sampai memonitor aktivitas fisik, meski tidak tersambung ke smartphone. Saat tidak tersambung ke Bluetooth atau Wi-Fi, smartwatch akan otomatis mengaktifkan konektivitas selulernya. Tentu saja, hal ini juga berarti Anda bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dari smartwatch langsung.

Bisa dipastikan pabrikan-pabrikan smartwatch Android Wear nantinya bakal menghadirkan fitur ini pada iterasi terbarunya. LG Watch Urbane 2 sendiri saat ini baru dipasarkan di AS saja, sedangkan untuk pasar internasional baru tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Dukungan konektivitas seluler ini tidak bisa diartikan bahwa smartwatch ke depannya bakal menggantikan peran smartphone secara penuh. Menurut saya, ukuran layar smartwatch yang kecil adalah salah satu alasan utama mengapa kita masih memerlukan smartphone untuk berbagai kegiatan lainnya, terutama untuk mengonsumsi konten video. Namun setidaknya peran smartwatch bisa diperluas berkat adanya fitur ini.

Sumber: Android Blog.