1. Startup

Tab Candy Pada Firefox 4 Resmi Diberi Nama: Firefox Panorama

Firefox mengumumkan bahwa salah satu fitur yang akan tersedia di Firefox 4, Tab Candy kini telah resmi diberi nama, yaitu Firefox Panorama dan akan tersedia sebagai sebuah fitur di Firefox 4, yang saat ini masih dalam versi beta.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur berbagai tab dari peramban Firefox dalam kelompok-kelompok tertentu dan menghindarkan pengguna dari kekacauan dan informasi yang berlebihan.

Untuk mereka yang menggunakan peramban dengan membuka banyak tab, fitur ini akan cukup membantu, pengguna bisa fokus pada berbagai tab aktif dengan mengkategorikannya pada kelompok tertentu berdasarkan tema dari situs yang sedang dibuka.

Misalnya satu kelompok untuk tab yang berkaitan dengan teknologi, yang lain tentang sosial media dan kelompok tab lain untuk akun pribadi seperti email, dan pekerjaan pribadi lain. Pengguna juga bisa memperkecil ukuran kotak kelompok tab, dan untuk membuka kotak dari Panorama cukup melakukan klik pada kotak-kotak kelompok tab yang telah disusun.

Pada penjelasan di blog-nya,Aza Raskin, salah satu pengembang Firefox menambahkan informasi tentang perkembangan yang terjadi pada pengembangan Firefox Panorama ini, seperti butuh waktu 7 bulan dari proses sketsa sampai ke implementasi pada peramban Firefox, termasuk juga penjelasan tentang prinsip-prinsip yang digunakan sebagai dasar dalam proses pengembangan Firefox Panorama, yang menggunakan acuan prinsip dari cognitive psychology, untuk menciptakan pengalaman menggunakan fitur antarmuka yang seragam, dan ketika digunakan bisa membuat pengguna merasakan fitur yang manusiawi dan efisien.

Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat video tentang Firefox Panorama dibawah ini, dan untuk yang tertarik mengunduh Firefox 4 Beta, dan mencoba langsung Firefox Panorama bisa menuju tautan berikut.

Firefox Panorama: How To from Aza Raskin on Vimeo.

Dan, untuk Anda yang tertarik melihat bagaimana  desain awal dari Firefox Panorama, Anda bisa menuju tautan berikut atau melihat penjelasan video dibawah ini.

Tab Candy Early Design from Aza Raskin on Vimeo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again