18 November 2015

by Bambang Winarso

Reinkarnasi Tablet Nvidia Shield K1 Hadir dengan Banderol Lebih Miring

Versi baru tablet Nvidia Shield K1 ditawarkan seharga $199, namun dengan sejumlah pemangkasan komponen

Bicara soal tablet gaming sekarang ini sudah ada beberapa opsi yang tersedia di pasar, salah satunya adalah iPad terbaru Apple. Tapi kita tak bisa menampik bahwa Nvidia punya pengalaman yang lebih baik di zona ini, di mana tablet Shield besutannya punya performa gaming yang lebih baik ketimbang para rivalnya. Apalagi baru-baru ini Nvidia merilis kembali tablet Shield K1 yang dibanderol dengan harga yang lebih bersahabat.

Kiprah tablet Nvidia Shield di ranah perangkat memang tak semulus yang diharapkan, memulai dengan sangat baik tapi kemudian menurun saat diguncang isu baterai sekitar

bulan Agustus lalu. Namun Nvidia telah melakukan langkah-langkah signifikan dengan menarik seluruh perangkat yang terkena dampak isu tersebut.

Sempat dikabarkan bakal hadir dengan Shield tablet 2 untuk meneruskan kiprah Shield, tetapi Nvidia tampaknya tak ingin menunggu terlalu lama, dan memutuskan untuk meluncurkan varian penyegaran yang disertai beberapa perubahan.

Dari sisi hardware, tablet Nvidia Shield masih dimotori oleh komponen yang sama dengan model terdahulu. Diawali dari layarnya yang masih selebar 8 inci dan resolusi 1080p, prosesor NVIDIA Tegra K1 192-core Kepler GPU serta RAM 2GB. Sebagai pelengkapnya tablet masih memboyong serta dual speaker depan dan cover yang berfungsi ganda sebagai kickstand.

Awalnya saya mengira Nvidia sengaja memangkas harga tablet Shield guna menarik konsumen. Tetapi ternyata Nvidia juga menyunat beberapa komponen seperti ketiadaan stylus dan menawarkan memori internal hanya seluas 16GB. Teknologi pendukung stylusnya sendiri masih ada di sana, pengguna tetap bisa menggunakan stylus namun kini ia bukan bagian dalam paket perangkat. Berkaca pada fakta itu, sebagian orang mungkin akan berpendapat penurunan harga ini tak cukup menarik bagi mereka.

Namun Nvidia tampaknya telah mengantisipasi kemungkinan itu dengan menawarkan sejumlah judul game premium ke dalam paket pembelian. Di antaranya game Need for Speed No Limits dan Real Boxing 2.

Tak hanya itu, pembeli juga akan mendapatkan paket gratis layanan cloudgaming GeForce NOW selama tiga bulan, di mana mereka dapat mengakses streaming ke lebih dari 60 game populer atau membeli game dari sana.

Selebihnya, Shield K1 membawa fitur-fitur antara lain kamera depan 5MP HDR, kamera belakang 5MP auto focus HDR, sistem operasi Android Lollipop, WiFi, Bluetooth 4.0 dan HDMI.

Tablet Shield K1 varian baru ini dapat diperoleh di Amerika, Kanada dan sejumlah negara eropa melalui shield.nvidia.com, Amazon, BestBuy.com dan Newegg dengan banderol mulai dari $199. Nvidia juga menawarkan beberapa aksesoris tambahan seperti kontroler, cover, DirectStylus 2 dan charger.

Sumber berita Nvidia.