20 November 2015

by Yoga Wisesa

Tambahkan Klikr, Anda Bisa Mengendalikan Peralatan Elektronik Rumah via Smartphone

Klikr bisa bekerja dengan hampir semua jenis perabotan rumah tangga yang dioperasikan melalui remote control infrared.

Salah satu ide di belakang smart home ialah menyerderhanakan akses pengguna ke peralatan elektronik di rumah misalnya penyejuk udara, televisi, sistem audio sampai lampu. Namun bagi konsumen awam, implementasinya cukup sulit. Untuk menerapkannya, Anda harus mempersiapkan infrastruktur. Hal ini tidak semudah teorinya, dan jadi kendala dalam proses adopsi smart home.

Developer asal Hong Kong bernama BBDL Limited mencoba memberikan jalan keluar melalui satu penemuan kecil - dalam artian harfiah. Karya mereka memang tidak segera menyulap rumah biasa menjadi pintar, namun mengarahkan kita satu langkah ke sana. BBDL memperkenalkan Klikr, sebuah alat yang memungkinkan home appliance bisa dikontrol dengan menggunakan perangkat bergerak.

Klikr diciptakan untuk menggantikan peran remote control, dan pada akhirnya membuat tempat tinggal Anda jadi lebih rapi. Singkatnya, Klikr adalah aksesori Bluetooth yang dapat Anda tempelkan atau taruh di dekat produk ber-remote control inframerah. Dengannya, BBDL ingin memperluas pengalaman mobile smartphone: jika kita sering memakainya untuk menonton film dan mendengarkan musik, mengapa handset tidak sekalian diberikan peran sebagai pusat kendali perabotan rumah?

Langkah-langkah setup Klikr cukup simpel. Pertama, cantelkan alat tersebut di perangkat elektronik ber-infrared - misalnya AC, speaker, Blu-Ray/DVD/CD player, Gi-Fi, amplifier, set-top box sampai proyektor. Kemudian ajari dia navigasi ke fungsi device. BBDL mengklaim bahwa proses setting-nya telah mereka desain sesederhana mungkin. Untuk pendingin udara, Anda tinggal memilih brand dari daftar yang sudah disediakan.

Klikr memiliki dimensi mungil, hanya 32x32x9,5mm dan berbobot 10 gram. Konektivitas memanfaatkan Bluetooth 4.0 low energy, dengan jarak maksimal 10 meter. Baterai removable-nya sanggup bertahan selama kurang lebih enam bulan (jika diklik 100 kali dalam sehari), memanfaatkan spektrum inframerah 33-56KHz. Pastikan saja handset Anda berjalan di OS Android 4.4/iOS 7 atau yang lebih baru.

Saat ini tim BBDL Limited sedang menggalang dana lewat platform crowdfundingKickstarter, dan kabar baiknya, target stretch pertama di £ 20.000 telah terpenuhi. Konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dipersilakan memesannya. Di sana, Klikr ditawarkan seharga £ 15 atau kisaran US$ 23. Proses pengiriman ke para backer rencananya dilakukan pada bulan Desember 2015.